Sukses

Dibuka 14-28 Februari, Ini Cara Lengkap Daftar SNMPTN 2022

Yuk simak langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jateng - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 telah dibuka, yakni mulai 14-28 Februari. Peserta diwajibkan melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu, sebelum mendaftar SNMPTN.

Registrasi akun LTMPT sendiri akan ditutup pada 15 Februari 2022. Adapun langkah-langkah pendafatran SNMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Login di Portal LTMPT

Masukkan Email dan Password pada form login pada laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Gunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal LTMPT. Jika kamu memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah login adalah seperti pada Halaman Profil.

Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022."

Halaman profil berisi informasi biodata siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal, begitu pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah.

Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Kolom Data Orang Tua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah diisikan di portal.

3 dari 7 halaman

2. Pilih Prodi di Kolom Pilihan

Selanjutnya, pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri.

Setelah itu, akan muncul Daftar Prodi yang dapat kamu pilih. Program studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Sedangkan jika memilih satu program studi, kamu bisa memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).

Ada juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

Jika sudah memilih prodi, tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas.

Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut jika pilihan prodimu tidak membutuhkan isian portofolio.

4 dari 7 halaman

3. Isi Portofolio Jika Diminta

Siswa mengisikan portofolio pada halaman Portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman Portofolio tidak perlu diisi.

Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan jika pilihan prodimu tidak membutuhkan isian portofolio.

Pilih Simpan dan jika berhasil, akan muncul notifikasi "Berhasil Menyimpan Pilihan, Silakan Mengisi Portofolio/Prestasi."

5 dari 7 halaman

4. Isi Prestasi

Siswa mengisikan prestasi pada halaman Prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib. Jika ada, kamu bisa isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah kamu dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.

Kamu bisa melihat kembali prodi yang sudah dipilih dengan menekan tombol Pilihan Anda yang terletak di sebelah tombol Simpan Pilihan Anda.

Setelah dipilih, akan terlihat pilihan prodi yang sudah kamu isikan sebelumnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Finalisasi

Siswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah kamu melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

Mohon melakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN jika kamu memang sudah yakin semua isian sudah benar. Silakan membaca dengan detail terlebih dahulu pernyataan yang akan disetujui.

Jika sudah yakin benar, berikan checklist pada pernyataan persetujuan 'Saya setuju untuk finalisasi'. Kemudian pilih Finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan.

Pilih Finalisasi jika kamu sudah yakin semua isian sudah benar. Setelah itu, tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan.

7 dari 7 halaman

6. Cetak Kartu Registrasi

Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Kamu hanya dapat mengunduh kartu registrasi jika sudah melakukan Finalisasi.

Setelah unduh kartu registrasi, tahapan pendaftaran SNMPTN telah Selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.