Sukses

Jenang Pecel, Sajian Unik dan Legendaris Khas Boyolali yang Wajib Dicoba!

Makin langka, sajian otentik khas Boyolali, Jenang Pecel!

Liputan6.com, Jateng Pecel memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang sangat mudah ditemui di berbagai daerah, khususnya Jawa. Makanan yang terdiri dari beragam sayuran dan disiram bumbu kacang ini pada umumnya disajikan dengan karbohidrat berupa nasi, lontong ataupun mi.

Namun di Boyolali terdapat sajian pecel yang sedikit berbeda dengan beberapa pecel yang sering kita jumpai. Warga setempat menyebutnya dengan Jenang Pecel, makanan ini merupakan paduan dari pecel dan juga jenang atau bubur sumsum khas Boyolali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunikan Jenang Pecel Boyolali

Komposisi yang digunakan sama persis dengan pecel pada umumnya, yakni sayuran dengan saus kacang pedas manis. Namun sensasi kenikmatan yang dirasakan jelas berbeda karena menggunakan jenang sumsum sebagai pengganti karbohidrat. Rasa pedas, manis dan gurihnya pecel akan semakin nikmat dengan kelembutan jenang yang lumer di mulut.

Jenang pecel ini biasanya disajikan dengan cara dipincuk, atau alas daun pisang. Lebih nikmat lagi jika ditambahkan lauk seperti tempe atau juga peyek agar memperkaya tekstur saat disantap.

Meskipun kudapan legendaris ini agak susah dijumpai, sobat Liputan6 masih bisa berkunjung ke pasar tradisional di Boyolali, jika tertarik untuk mencicipinya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini