Sukses

Pencinta Koi Siap-siap, Ada Mega Koi Show di Semarang Tanggal 11-13 Februari

Kontes ikan koi tingkat nasional yang pertama kali dan terbesar digelar di Kota Semarang.

Liputan6.com, Jateng - Ikan yang berasal dari Negeri Sakura, tepatnya dari daerah Niigata, yaitu ikan koi, sampai saat ini masih memiliki banyak penggemar di Indonesia. Ikan tersebut biasanya menjadi hiasan yang menambah keindahan di rumah.

Seiring waktu, para penggemar ikan tersebut tampaknya tidak akan habis dimakan zaman. Terlihat di Kota Semarang misalnya, yang akan menggelar kontes ikan koi tingkat nasional untuk pertama kalinya dan terbesar di tingkat kota tersebut. Event Mega Koi Show Semarang ini digelar tanggal 11 hingga 13 Februari 2022.

Apalagi, jenis ikan hias air tawar ini banyak disukai masyarakat. Tentunya, panitia menargetkan ribuah ikan yang bakal dikonteskan atau hampir ada 100 variestas ikan.

Hal tersebut disampaikan oleh panitia Mega Koi Show, Bintang Warih Cipto Roso Aji kepada awak media, Rabu (9/2/2022).

Ia mengatakan, kontes diselenggarakan di Balairung Astina UTC Semarang. Perlu diketahui, event seperti ini sudah sempat diselenggarakan selama tiga kali selama tahun 2021. Menariknya kata dia, kontes tersebut pertama kali digelar di Kota Lumpia dan bakal menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

"Sepanjang tahun (2021) ini sudah digelar tiga kali. Kalau kontes ini tingkatannya nasional yang pertama dan terbesar di Kota Semarang. Ke depannya, event sebagai agenda rutinan seperti di kota lainnya," kata Bintang.

Dia juga menjelaskan target pendaftar kontes pada event ini, sekitar ribuan pencinta ikan koi di seluruh indonesia.

"Utamanya sebenarnya launching event ini agar bisa menjadi kelanjutan di tingkat nasional. Namun kalau dari saya target sebanyak 100 varietas ikan atau bisa ditotal ribuan ikan," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Ikan Koi

Di sisi lain, Bintang menjelaskan kriteria ikan koi yang bisa ikut dikonteskan memiliki ukuran mulai dari belasan hingga puluhan sentimeter.

"Kalau di Mega Koi Show, kategorinya size sampai 11-20 cm. Itu hanya di tingkat kita saja. Jika di tempat lain maksimal bisa sampai Puluhan sentimeter," tuturnya.

Kendati demikian, ia berfokus terhadap terselenggaranya kontes ikan koi di ibu kota Jawa Tengah. Maka, dirinya tidak akan berangan-angan target pendaftar event bergengsi tersebut.

"Fokus kita hanya launching saja. Bahkan saya tidak muluk-muluk pendaftar yang banyak. Soalnya kondisi pandemi belum lekas selesai, jadi tidak memanggil massa yang banyak tapi ikan yang banyak," ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya bakal membatasi pendaftar dan penonton, serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama kontes berlangsung.

Selain itu juga, Bintang menyebut peserta bisa mendaftarkan ikannya dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

"Peserta dapat mendaftarkan ikan koi dengan harga mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.250.000 dengan ukuran yang berbeda-beda," imbuhnya. 

Sementara itu, General Manager UTC bernama Adi mengaku bahwa kontes koi ini telah mengantongi izin dari Pemerintah Kota Semarang maupun dari pihak kepolisian. Dari situ, pihaknya siap mendukung event tersebut.

"Mega Koi Show, bisa terealisasi karena sudah memiliki izin dari dinas pariwisata hingga kepolisian setempat. Kita juga sudah menyiapkan alat PeduliLindungi dan prokes. maka dari itu, saya siap support events Mega Koi Show," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini