Sukses

Dikenal Mujarab, 5 Tanaman Herbal ini Dipercaya Dapat Obati Kanker

Beberapa jenis herbal yang dipercaya dapat mencegah ataupun menghambat pertumbuhan kanker.

Liputan6.com, Jawa Tengah Kanker menjadi salah satu penyakit serius yang mengancam jiwa manusia. Berdasarkan definisi secara medis, kanker adalah pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal sehingga berubah menjadi sel kanker. Sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain yang dapat berakibat fatal atau kematian.

Ada beberapa cara yang digunakan untuk membunuh sel kanker, di antaranya operasi, radiasi ataupun kemoterapi. Namun ada juga beberapa jenis herbal yang dipercaya dapat mencegah ataupun menghambat pertumbuhan kanker, berikut beberapa di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bajakah

Tanaman yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan ini sempat viral dan dipercaya dapat menyembuhkan kanker. Konon nenek moyang suku Dayak pernah menggunakan tanaman ini untuk menyembuhkan kanker di masa lalu. Sebuah uji resmi laboratorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin juga mengatakan bahwa tanaman ini memiliki kandungan 40 senyawa yang dapat menyembuhkan kanker.

3 dari 6 halaman

Kunyit

Selain bajakah, kunyit juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan kanker. Dengan kandungan kurkumin yang tinggi sebagai antioksidan dan zat anti-kanker, kunyit dianggap sebagai obat herbal yang mampu menghambat penyebaran kanker di setiap stadium.

4 dari 6 halaman

Biji Anggur

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan phytochemical dalam biji anggur memili sifat anti-tumor. seorang ilmuwan asal Prancis bernama Dr. Masquelier mengatakan bahwa phytochemical dalam biji anggur yang dapat mengangkal radikal bebas.

5 dari 6 halaman

Jahe

Tanaman herbal jahe memang kaya dengan antioksidan, sebuah penelitian mengatakan bahwa tanaman jahe dapat  membunuh sel kanker secara efektif karena dapat menangkal radikal bebas.

6 dari 6 halaman

Teh Hijau

Polifenolik yang menjadi kandungan dalam Teh Hijau telah banyak diteliti oleh ilmuwan dan dipercaya dapat dijadikan sebagai obat kanker. Selain itu teh hijau juga diyakini efektif dalam melawan tumor dan juga mutasi genetik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini