Sukses

Viral Jateng : Tanaman Herbal yang Cleng Khas Jawa Tengah, Terkenal Sampai Luar Indonesia Lho

Purwaceng menyimpan potensi ekonomi yang luar biasa. Kalian mau coba?, yuk pergi ke Wonosbo.

Liputan6.com, Wonosobo - Jawa Tengah memiliki banyak potensi tanaman berbasis industri yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Satu di antara yang sudah melegenda adalah tanaman Purwaceng. Jika orang luar Jateng berkunjung ke daerah Wonosobo, hampir pasti mereka akan menemukan, atau minimal mendengar nama tersebut.

Lalu kenapa ya kira-kira, nama Purwaceng begitu santer terdengar. Seperti diketahui, Purwaceng banyak tumbuh di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Daerah tersebut memang tergolong cocok untuk mengembangkan Purwaceng, varian tanaman yang memiliki khasiat istimewa dari sisi peningkatan stamina.

Beberapa sumber menulis, nama Purwaceng berasal dari penggabungan dua kata, yakni 'Purwa' dan 'Ceng'. Arti umum dari frasa kata tersebut selalu berkaitan dengan penambahan stamina.

Tanaman setinggi sekitar 25 cm ini memiliki daun berbentuk jantung dengan tepi bergigi, berujung tumpul, dan pangkal bertoreh. Daunnya berdiameter 1-3 cm berwarna hijau kemerahan. Tanaman bernama lain Pimpinella pruatjan ini hanya dapat dipanen 4 sampai 5 tahun sekali.

 

Hati Hati Obat Ilegal

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olahan Tradisional

Warga setempat telah mengolah tanaman ini dalam kurun waktu lama. Biasanya, olahan tersebut berasal dari bagian akar. Bentuk akhir yang masuk level industri antara lain berupa serbuk siap minum.

Nah, tentu saja serbuk hasil olahan ini bukan 'sembarangan'. Jenis ini bisa menjadi campuran aneka minuman seperti kopi, teh, hingga susu. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Institut Pertanian Bogor, merilis, tanaman Purwaceng memiliki sifat diuretika yang mampu meningkatkan vitalitas.

Selain itu, Purwaceng memiliki kandungan berlabel penting lainnya seperti saponin, alkaloid, dan tanin pada akar. Oleh karena itu, Purwaceng dianggap mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

 

3 dari 3 halaman

Efek Positif

Pada kajian ilmiah, efek positif Purwaceng bisa terlihat ke tubuh pria dan wanita. Khusus konsumsi di zona peremputan, kandungan stigmasterol pada Purwaceng sanggup meningkatkan hormon estrogen dan merangsang proses terjadinya ovulasi.

Kepopuleran tanaman ini sebagai penambah vitalitas sudah sampai ke mancanegara. Para wisatawan asing yang datang ke Wonosobo banyak yang tertarik membeli olahan Purwaceng ini.

Kalian penasaran kan?. Silakan luangkan waktu menuju ke Wonosobo, Jawa Tengah. Tentu saja, sembari menikmati suasana alam yang segar dan sejuk, menikmati Purwaceng bisa menjadi pilihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.