Sukses

Covid-19 Klaster Sekolah Marak di Solo, Pripun Mas Gibran?

PJJ sendiri akan dilakukan selama satu minggu sambil menunggu perkembangan kasus penyebaran COVID-19

Liputan6.com, Solo - Pemerintah Kota Surakarta menutup sejumlah sekolah untuk sementara waktu menyusul munculnya klaster penyebaran COVID-19 di daerah tersebut.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Surakarta Dian Rineta di Solo, Sabtu mengatakan beberapa sekolah yang saat ini menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di antaranya SDN Sayangan, SDN 16, SMP 4 Surakarta, dan SMA Warga.

"Surveilans tetap jalan dan ini ditemukan kasus positif COVID-19, kebanyakan dari luar kota," katanya, dikutip Antara.

Ia mengatakan untuk PJJ sendiri akan dilakukan selama satu minggu sambil menunggu perkembangan kasus penyebaran COVID-19.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan saat ini surveilans tengah dilakukan oleh Pemkot Surakarta dengan melibatkan sejumlah sekolah. Pada kegiatan tersebut, tes dilakukan kepada ratusan siswa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surveilans dan Tracing

Pada surveilans tersebut juga dilakukan upaya tracing atau penelusuran kontak menyusul munculnya kasus positif COVID-19, di antaranya di SMA Warga, SMA 1 Surakarta, SMA 5 Surakarta, dan SMA Mikael.

Ia mengatakan sebagai tindak lanjut dari penelusuran kontak, diterapkan pula kebijakan libur parsial mengingat jumlah positif COVID-19 yang ditemukan tidak banyak.

"Kasusnya ini berawal dari satu satu. Ada yang guru, ada yang murid, ini bermula dari suspek. Artinya prokes dan harus hati-hati, masker menjadi harga mati," katanya.

Disinggung mengenai antisipasi munculnya klaster baru di sekolah, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan pemerintah terus mengadakan surveilans atau pengamatan kegiatan PTM.

"Sama vaksin booster ini sudah mengarah ke guru, tenang saja, nggak masalah, nggak usah takut," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.