Sukses

Kerap Disangka dari Belanda, Ternyata Roti Bagelen Asli Purworejo Jawa Tengah

Roti bagelen merupakan salah satu camilan manis yang cocok dijadikan untuk teman bersantai.

Liputan6.com, Purworejo- Roti bagelen merupakan salah satu camilan manis yang cocok dijadikan untuk teman bersantai. Roti bagelen memiliki cita rasa gurih dan manis serta tekstur yang renyah dan kering.

Banyak orang mengira bagelen merupakan roti Belanda, warmbollen yang dikeringkan. Namun, ternyata salah besar. Faktanya, bagelen merupakan produk asli khas Purworejo, Jawa Tengah.

Dulu roti kering ini diproduksi di sebuah desa bernama Desa Bagelen. Lambat laun nama desa itu menjadi istilah untuk menyebut roti kering itu.

Meski tidak diketahui siapa pertama kali pembuatnya, roti bagelen sudah ada sejak 1905. Kepopuleran roti bagelen ini bahkan menyebar sampai Jawa Barat. Hingga pada 1947 berdiri lah sebuah pabrik roti bagelen dengan merek “Abadi”

Roti bagelen dibuat dari roti manis yang diberi olesan margarin atau buttercream, kemudian dikeringkan dengan cara dipanggang. Untuk bagelen yang diberi olesan margarin akan menghasilkan rasa yang asin gurih serta lapisan rotinya akan terlihat lebih kuning.  Sedangkan yang diolesi buttercream akan menghasilkan aroma yang lebih wangi dengan tekstur yang renyah.

Kini variasi roti bagelen semakin beragam sesuai dengan permintaan pasar. Ada yang diberi olesan garlic butter, lemon butter, selai stroberi hingga taburan keju di atasnya. Meski begitu, cita rasa roti bagelen khas Purworejo Jawa Tengah ini tetap konsisten hingga sekarang.

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.