Selain Ledakan di Grobogan, Ini 4 Kasus Ledakan yang Pernah Terjadi di Pesantren Tanah Air

Oleh Liputan6.com pada 28 Jan 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 21:00 WIB
Ledakan di Grobogan, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Humas Polda Jateng)
Perbesar
Ledakan di Grobogan, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Humas Polda Jateng)

Liputan6.com, Purwodadi- Ledakan di Pesantren Grobogan menggegerkan masyarakat pada Jumat (28/1/2022). Sampai dengan saat ini olah TKP masih berlangsung. Satu orang pelajar terluka akibat ledakan di pondok pesantren Darul Masyruh, Desa Dusun Pesantren, Kecamatan Klambu, Grobogan, Jawa Tengah, sekitar pukul 13.30 WIB.

Dihimpun dari berbagai sumber, kasus ledakan di pesantren beberapa kali terjadi di tanah air. Sekalipun penyebabnya berbeda-beda, namun ledakan di pesantren tanah air serupa dengan peristiwa ledakan di Grobogan.

Berikut adalah 4 kasus ledakan yang pernah terjadi di pesantren Indonesia

1. Ponpes UBK Bima Nusa Tenggara Barat

Sebuah ledakan terjadi di sekitar sebuah pondok pesantren Umar Bin Khatab (UBK) di Desa Sanolo, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin (11/7/2011) sekitar pukul 15.30 WIB. Pondok pesantren tersebut merupakan almamater Umar Saban, pelaku penikaman di Markas Kepolisian Sektor Bolo yang menewaskan seorang polisi.

Berbeda dengan ledakan Grobogan yang masih diselidiki, sejumlah santri di pondok Bima mengatakan suara ledakan berasal dari kompor yang meledak. Namun warga curiga terhadap aktivitas ponpes yang sangat tertutup tersebut. Puluhan polisi masih disiagakan di sekitar pondok. Namun tak seorang polisi pun yang masuk ke pesantren untuk memeriksa langsung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Ledakan Petasan

2. Ponpes Al Mujahidin Madrasah Tsanawiyah/Madrasah Aliah Al Mujahidin Kalimantan Tengah

Ledakan terjadi di ruang sekolah milik Yayasan Pondok Pesantren Al Mujahidin Madrasah Tsanawiyah/Madrasah Aliah Al Mujahidin di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (1/7/2017).

Polisi menetapkan tersangka tunggal dalam kasus ledakan yang terjadi di Pesantren Al Mujahidin, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Juli lalu.  Ledakan ini terjadi karena tersangka yang merupakan guru honorer di ponpes itu ingin mencoba membuat petasan.

3. Ponpes Al Ihsan Kota Pekanbaru

Ledakan yang terjadi di ponpes Pekanbaru ini disebabkan semburan gas dari dalam tanah (5/2/2021). Warga sekitar mendengar ledakan yang sangat kuat hingga mengakibatkan batu-batu dari dalam tanah berterbangan.

Akibat peristiwa ledakan di pessantren Pekanbaru ini 10 KK yang merupakan warga sekitar mengungsi.

4. Ponpes Megamendung Bogor

Ledakan juga pernah terjadi di ponpes Jalan Cipendawa RT 03/01, Kecamatan Megamendung, Rabu (6/10/2021). Ledakan di ponpes ini disebabkan oleh tabung gas yang mengakibatkan  ponpes terbakar.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya