Timnas Indonesia Kalahkan Timor Leste, Pratama Arhan Jadi Pembeda

Oleh Liputan6.com pada 27 Jan 2022, 22:42 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 22:42 WIB
Pratama Arhan
Perbesar
Bek sayap Timnas Indonesia, Pratama Arhan, berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timor Leste dalam laga uji coba internasional di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Tim Garuda menang 4-1 dalam laga ini. (Bola.com/Maheswara Putra)

Liputan6.com, Semarang - Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan saat melakoni laga internasional melawan Timor Leste. Nama Pratama Arhan yang juga bek PSIS Semarang keluar sebagai bintang pertandingan yang berakhir 4-1 ini.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/1/2022) malam, Pratama Arhan yang bermain di posisi bek kiri Timnas Indonesia sebenarnya tidak tampil sejak menit pertama. Dia baru masuk pada awal babak kedua menggantikan Edo Febriansyah.

Selama 45 menit tampil, Pratama Arhan mampu menjadi pembeda. Pertama, dia menyumbang gol pembalik kedudukan dalam kondisi 1-1. Dia mengeksekusi penalti yang gagal dibendung kiper Junildo Pereira.

Berikutnya, dia berkontribusi atas dua gol lainnya. Dua gol Timnas Indonesia memang lahir karena bunuh diri, tapi Pratama adalah aktor yang membuat dua gol tersebut tercipta lewat kesalahan fatal dua pemain Timor Leste.

Pada menit ke-76, Pratama mengandalkan kemampuannya dalam melakukan lemparan ke dalam yang jauh. Kali ini, lemparannya mampu menembus kotak penalti lawan. Bola ditinju oleh Georgino, tapi malah masuk ke gawang sehingga dihitung sebagai gol bunuh diri.

Lalu, hal yang hampir serupa terjadi pada menit ke-80. Pratama masih jadi kreatornya lewat umpan silang. Bola berusaha dihalau oleh bek Filomeno Junior, tapi bola malah masuk ke gawang timnya sendiri lagi.

Kontribusi pemain berusia 20 tahun itu tidak hanya sebatas upaya membuat lawan melakukan kesalahan hingga mencetak gol Timnas Indonesia. Dia juga membukukan dua umpan kunci yang sayangnya tidak berbuah assist.

Apa yang dilakukan Pratama tentu saja sangat berarti untuk menyelamatkan wajah Timnas Indonesia. Dengan kecerdikannya, dia mampu menjadi juru selamat dan memanfaatkan kesempatan untuk membuat timnya berpesta di awal 2022 ini.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya