Lezat dan Sehat, 8 Camilan Ini Bisa Dikonsumsi Saat Diet

Oleh Liputan6.com pada 27 Jan 2022, 00:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 00:00 WIB
Menerapkan Teknik Diet Rendah Karbohidrat
Perbesar
Ilustrasi Diet Rendah Karbohidrat Credit: pexels.com/Carol

Liputan6.com, Semarang Kata siapa diet tidak boleh ngemil? Menjalani diet sehat bukan berarti Anda harus meninggalkan camilan.

Yang perlu Anda lakukan adalah bijak memilih camilan dan mengatur porsinya supaya jumlah kalori dalam tubuh tidak naik secara drastis.

Sebenarnya, camilan bisa berperan baik saat menjalani diet. Bahkan, melansir British Nutrition Foundation, ngemil saat diet bisa berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi. Hingga akhirnya dibutuhkan camilan-camilan sehat ke dalam menu diet.

Apalagi sampai saat ini belum ada penelitian yang memperlihatkan hubungan antara camilan dengan berat badan. Meski begitu, bukan artinya Anda bisa memakan apapun sebagai camilan.

Alih-alih mengonsumsi gorengan, cobalah untuk menggantinya dengan camilan dengan zat gizi tinggi yang dibutuhkan tubuh. Ada cukup banyak camilan sehat bisa Anda konsumsi saat menjalani diet.

Dan berikut adalah 8 rekomendasi camilan sehat untuk Anda, seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa jadi pilihan camilan untuk diet. Apalagi diketahui, kacang mengandung lemak sehat dan protein yang baik, tetapi tidak disarankan ditambahkan ke semua makanan.

Selain itu, serat dan lemak dalam kacang-kacangan juga membantu tubuh merasa kenyang. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mengonsumsinya dengan berlebihan karena kacang juga dikenal karena lemak dan kolorinya yang tinggi.

Anda bisa mengonsumsinya bersama biji-bijian dan juga buah-buahan kering.

2. Dark Chocolate

Anda gemar makan cokelat dan sedang menjalani diet? Jangan khawatir, Anda tak perlu meninggalkan cokelat karena diet.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengganti cokelat susu kaya akan gula yang biasa Anda makan dengan dark chocolate. Dark chocolate diketahui mengandung antioksidan, seperti polifenol dan katekin, serta diyakini bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu dark chocolate juga bisa membantu Anda mengendalikan nafsu makan. Meski begitu, Anda tetap perlu memerhatikan porsi konsumsi dark chocolate.

Sebagai ganti memakan satu bungkus dark chocolate dalam sekali makan, Anda bisa menggunakannya sebagai topping yoghurt atau es krim.

3. Es Krim Cukup banyak orang yang menyingkirkan es krim saat diet, karena dinilai bisa membuat kalori meningkat pesat. Padahal, Anda masih bisa mengonsumsinya dengan takaran tertentu, satu scoop, misalnya.

Tentunya dengan menambahkan beberapa topping seperti dark chocolate atau buah-buahan. Ingat, diet bukan berarti menyiksa diri karena tidak bisa makan enak. Yang perlu dilakukan saat diet adalah mengatur porsi makanan yang dikonsumsi.

4. Popcorn Tawar

Popcorn tawar juga bisa masuk dalam daftar camilan untuk diet sehat. Popcorn diketahui bisa mengenyangkan karena mengandung serat tinggi dengan kandungan kalori yang rendah. Bukan hanya itu, popcorn juga dinilai lebih baik dibandingkan dengan keripik kentang dalam jumlah kalori yang sama. Meski begitu, sebaiknya Anda memilih popcorn tawar alih-alih popcorn asin berlumur butter atau popcorn manis dengan banyak gula.

5. Yoghurt

Yoghurt memang jadi camilan diet sehat andalan, karena kandungan serat, lemak sehat, dan proteinnya. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan irisan buah favorit, menambahkan sedikit madu, atau bahkan taburan dark chocolate.

Creamy, manis alami dengan perpaduan eksotisme dark chocolate, ditambah sehat. Siapa yang bakal menolak camilan ini?

6. Roti Gandum

Anda juga bisa menggunakan selembar roti gandum menjadi camilan diet sehat. Tambahkan alpukat atau selai kacang favorit sudah cukup untuk memuaskan lidah dan menambah nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh.

7. Buah dan Selai Kacang

Buah-buahan juga menjadi salah satu camilan diet sehat andalan. Selain banyak mengandung nutrisi dan serat, buah juga mengandung gula alami yang bisa memuaskan lidah Anda terhadap rasa manis.

Anda bisa memilih pisang atau apel dengan menambahkan sedikit selai kacang sebagai camilan sore.

8. Salad

Selain buah-buahan, sayuran juga bisa Anda gunakan sebagai camilan diet sehat. Anda bisa mengonsumsi sayuran sebanyak apapun selama diet.

Namun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan memuaskan lidah, tidak ada salahnya untuk mencampur berbagai sayuran menjadi salad. Menambahkan minyak zaitun atau perasan jeruk lemon dengan sedikit garam dan merica sebagai penambah rasa.

Itulah 8 rekomendasi camilan diet yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Semoga membantu!

Penulis: Mega Dwi Anggraeni

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya