Sukses

4 Wilayah Jateng Terkonfirmasi Omicron, Ini Perintah Tegas Gubernur Ganjar Pranowo

Ganjar meminta masyarakat tidak takut menghadapi Omicron, namun berpegang pada pengalaman kenaikan kasus yang cepat di Eropa

Liputan6.com, Brebes - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat mengaktifkan kembali Program "Jogo Tonggo" guna mengantisipasi meluasnya penyebaran COVID-19 varian baru, Omicron (B 11529).

"Masyarakat tidak perlu panik, tapi ini 'wake up call' juga untuk mengingatkan kepada yang lain. 'Jogo Tonggo'-nya jalan lagi, peringatan untuk pakai masker jalan lagi," kata dia di Kabupaten Brebes, Selasa, dikutip Antara.

Ganjar mengungkapkan hingga saat ini perkembangan kasus COVID-19 varian Omicron terus dipantau, termasuk pengambilan sampel dengan "whole genome sequencing" yang juga terus dilakukan.

Ganjar meminta masyarakat tidak takut menghadapi Omicron, namun berpegang pada pengalaman kenaikan kasus yang cepat di Eropa.

"Makanya dibutuhkan dari masyarakat, pakai masker ya, taat prokes aja insyaallah dari beberapa pengalaman kan lebih bahaya Delta saat itu, jadi kita tidak boleh lengah pada soal itu," kata Ganjar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Wilayah Terkonfirmasi Omicron

Sejalan dengan itu, ia juga meminta peningkatan kontrol pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang saat ini sedang berjalan. Percepatan vaksinasi, lanjut Ganjar, juga harus terus dilakukan dengan prioritas anak-anak usia 6-11 tahun, para lansia dan orang dengan komorbid.

"Vaksin segera dipercepat, 'wabil' (lebih) khusus kepada lansia termasuk mereka yang harus di-'boosting' (dilakukan penguatan), apalagi mereka yang komorbid harus dalam pantauan karena kita amankan dulu mereka yang kelompok rentan sehingga kita harapkan ini bisa mencegah," katanya.

Kasus COVID-19 varian Omicron sedang merebak di Indonesia yang ditandai dengan pertumbuhan kasusnya naik dengan cepat, bahkan di Jawa Tengah tercatat sembilan orang terinfeksi varian ini, yakni di Kota Semarang, Cilacap, Pekalongan, dan Sukoharjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.