Sukses

Cek 3 Kereta Api di Daop 5 Purwokerto dengan Harga Tiket Bersubsidi

Sebanyak tiga kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menerapkan tarif bersubsidi pada tahun 2022, kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto

Liputan6.com, Purwokerto - Sebanyak tiga kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto menerapkan tarif bersubsidi pada tahun 2022, kata Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat.

"Penerapan tarif bersubsidi tersebut dilakukan karena pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengalokasikan kembali anggaran sebesar Rp3,2 triliun lebih untuk penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (public service obligation/PSO) dan subsidi kereta api perintis tahun 2022," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin, dikutip Antara.

Melalui PT KAI (Persero), kata dia, diselenggarakan untuk memberikan pelayanan KA yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Menurut dia, penandatanganan kontrak penyelenggaraan PSO dan subsidi kereta api perintis tahun 2022 telah dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub dengan Direktur Utama PT KAI.

"Hal ini berdasarkan Keputusan Kementerian Perhubungan Nomor KM 250 Tahun 2021 tentang Penugasan kepada KAI untuk Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Orang dengan Kereta Api Kelas Ekonomi Tahun Anggaran 2022 dan KM 249 Tahun 2021 tentang Penugasan kepada KAI untuk Penyelenggaraan Subsidi Angkutan Perintis Tahun Anggaran 2022," katanya.

Daniel mengatakan tiga KA keberangkatan Daop 5 Purwokerto yang menerapkan tarif bersubsidi terdiri atas KA Serayu Pagi dan KA Serayu Sore relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasar Senen pergi pulang (PP) dengan tarif sebesar Rp67.000 serta KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo-Kroya-Kiaracondong PP dengan tarif Rp62.000.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Kereta Bersubsidi Melintas di Purwokerto

Selain tiga KA tersebut, kata dia, sebanyak empat kereta api dari Daop lain yang melintas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menerapkan tarif bersubsidi.

Menurut dia, keempat kereta api tersebut terdiri atas KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasar Senen PP dengan tarif Rp74.000, KA Kahuripan relasi Blitar-Kroya-Kiaracondong PP dengan tarif Rp84.000, Kereta Rel Diesel (KRD) Prambanan Ekspres relasi Kutoarjo-Yogyakarta PP dengan tarif Rp8.000, dan KA Pasundan Lebaran relasi Surabaya Gubeng-Kutoarjo-Kroya-Kiaracondong dengan tarif Rp94.000.

"Walaupun saat ini penanganan COVID-19 sudah dapat terkendali, namun kita tetap harus waspada karena adanya mutasi-mutasi COVID-19 yang harus kita hadapi. Oleh arena itu, KAI senantiasa terus menyediakan layanan moda transportasi yang sehat selama masa pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengatakan KAI terus berkomitmen tidak hanya kesehatan pelanggan yang menjadi prioritas namun seluruh petugas yang melayani perjalanan KA.

Menurut dia, secara berkala para Petugas FrontLiner mendapatkan pemeriksaan negatif COVID-19 dan pada saat akan berdinas dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi tubuh petugas dalam keadaan sehat, fit, dan siap untuk melaksanakan pelayanan kereta api.

Sementara bagi calon penumpang, kata dia, tetap harus dengan syarat menunjukkan surat negatif COVID-19 walaupun menikmati layanan kereta api bersubsidi.

"Namun saat ini layanan pemeriksaan RT Antigen di stasiun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp35 ribu. Calon penumpang di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto dapat memanfaatkan layanan RT Antigen di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Cilacap, dan Sidareja," kata Daniel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.