Sukses

Manfaat Baking Soda, dari Pengembang Kue hingga Hilangkan Komedo

Baking soda biasanya dikenal sebagai bahan pengembang adonan kue yang biasanya ada di lemari dapur.

Liputan6.com, Semarang Baking soda biasanya dikenal sebagai bahan pengembang adonan kue yang biasanya ada di lemari dapur. Ternyata baking soda atau natrium bikarbonat ini juga bisa bermanfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Salah satu manfaat baking soda yang sudah banyak dikenal adalah dapat memutihkan gigi. Ternyata, baking soda tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk gigi dan mulut saja, bubuk putih satu ini juga bisa digunakan untuk menunjang kesehatan pencernaan hingga kulit.

Manfaat baking soda dapat menunjang kesehatan mulut, pencernaan, dan kulit. Tapi penggunaannya harus diperhatikan dengan baik. Kamu juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Berikut adalah manfaat baking soda yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Memutihkan Gigi

Menurut sebuah penelitian, pasta gigi yang mengandung baking soda bisa memutihkan sekaligus membersihkan plak gigi. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat memecah molekul pigmentasi pada gigi. Baking soda juga bersifat antibakteri dan antimikroba, yang dapat melawan kuman berbahaya dalam mulut.

Obat Kumur

Bakin soda juga baik digunakan sebagai obat kumur karena sifat antibakteri dan antimikrobanya. Untuk menggunakannya sebagai obat kumur, kamu tinggal mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Aduk hingga rata, kemudian gunakan untuk berkumur.

Meredakan Sariawan

Menurut suatu penelitian, rasa sakit karena sariawan dapat diredakan dengan berkumur menggunakan baking soda. Kamu bisa mendapatkan manfaat baking soda tersebut dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Kemudian, aduk hingga larut, dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan sehari sekali hingga sariawan sembuh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Pencernaan

Mengurangi Rasa Kembung

Bakin soda dapat mengurangi rasa kembung. Bila kamu sering mengalami perut kembung, kamu bisa menggunakan minuman baking soda dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan tiga per empat gelas air putih.

Meredakan Asam Lambung

Asam lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang membuat siapa pun menderita. Manfaat baking soda dapat meredakan asam lambung, terutama dalam mengatasi rasa panas di dada yang biasa dialami ketika mengalami masalah pencernaan ini.

Cara menggunakannya adalah dengan menambahkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin. Kemudian minumlah secara perlahan.

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat baking soda juga dapat memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan. Kamu dapat meredakan masalah perut menggunakan baking soda, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air setiap pagi. 

Larutan ini akan menjaga pH (keasaman) yang sehat pada sistem pencernaan, meminimalkan gas lambung, serta menunjang pergerakan usus yang lebih baik.

4 dari 4 halaman

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Kulit

Menghilangkan Komedo

Baking soda bisa berguna untuk menghilangkan komedo, lho. Serbuk ini dapat mengangkat sel kulit mati seperti komedo karena merupakan bahan pengelupas yang baik.

Cara menggunakannya, cukup campur dengan satu sendok makan soda kue dengan sedikit pasta gigi. Oleskan campuran ini ke hidung atau daerah yang terdapat komedo dan gosok selama beberapa menit untuk menghilangkan semua komedo yang terlihat.

Kamu juga dapat menggunakan campuran soda kue dan air untuk menghilangkan komedo.

Menyembuhkan Jerawat

Baking soda memiliki sifat anti-bakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat. Manfaat soda kue  dapat digunakan sebagai pengelupas ringan yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Proses ini dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan jerawat. Soda kue juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Untuk mengobati jerawat, buat pasta dengan mencampurkan 2 sdt soda kue, 1 sdt madu dan 1/2 sdt jus lemon dari lemon segar. Kemudian oleskan pasta ke wajah dengan lembut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

Mencerahkan Lutut dan Siku yang Gelap

Jika memiliki siku dan lutut yang kusam dan gelap, kamu bisa memanfaatkan baking soda untuk mencerahkan kembali.

Caranya, Kamu hanya perlu 1/2 lemon, 2-4 sdm soda kue dan 3 sdm hidrogen peroksida. Campurkan soda kue, peroksida, dan peras setengah lemon dalam mangkuk. Rendam lemon dalam larutan dan oleskan langsung ke area gelap dengan menggosok lemon pada lutut atau sikumu. Diamkan beberapa menit. Ulangi beberapa kali, lalu basuh dengan air.

Itulah manfaat-manfaat  baking soda yang bisa kamu terapkan di rumah. Mudah kan? Semoga bermanfaat!

Penulis Mega Dwi Anggraeni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.