Jelang Indonesia vs Timor Leste, Ini Profil Bek PSIS yang Dipanggil Timnas

Oleh Liputan6.com pada 24 Jan 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:35 WIB
Foto: Meski Ditekuk Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Mendominasi Nominasi Pemain Muda Terbaik dengan 3 Wakil
Perbesar
Alfeandra Dewangga. Seperti Witan Sulaeman, bek tengah berusia 20 tahun ini juga selalu diturunkan dalam 7 laga Timnas Garuda di Piala AFF 2020. Ia menjadi prototipe bek tengah modern lewat penampilannya, mampu bertahan dan mampu menyerang. Satu gol berhasil dikoleksinya. (AFP/Roslan Rahman)

Liputan6.com, Semarang Timnas Indonesia akan bertanding melawan Timor Leste dalam laga FIFA Matchday di Stadion I Watyan Dipta, Gianyar, Bali. Pertandingan persabatan antara kedua negara ini rencananya akan disiarkan secara langsung di saluran TV Indosiar atau via streaming di Vidio pukul 19.00 WIB.

Dari 27 nama yang dipanggil Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong, ada dua peggawa PSIS Semarang yang belakangan tampil memesona. Dua pemain itu adalah Alfeandra Dewangga dan Pratama Arhan.

Keduanya masih berusia 20 tahun dan sama-sama bermain di posisi belakang. Bedanya, Alfeandra Dewangga bermain sebagai bek tengah sementara Arhan adalah seorang bek kiri.

Liputan6.com coba mengulas sedikit mengenai sosok Dewa, sapaan akrab Dewangga.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini


Ikut SSB Sejak SD

Timnas Indonesia
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). Pada sesi latihan kali ini Timnas menjalani tes fisik dengan menggunakan alat Smart Gate. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dilansir Bola.com, Alfeandra Dewangga Santosa adalah nama lengkapnya. Ia sudah menyukai sepak bola sejak kecil. Dewa diketahui mulai memainkan si kulit bundar sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasa (SD). Saat masih duduk di bangku SD itu pula, Dewangga sudah masuk ke Sekolah Sepak Bola (SSB) SSS Semarang.

Bakat yang dimiliki Dewa tercium oleh para pelatih di tim akademi pemain muda PSIS Semarang. Pada tahun 2019, Alfeandra bergabung dengan akademi pemain muda PSIS Semarang, PSIS Youth.

Baru setahun di situ, Dewangga sudah ditarik ke tim senior Mahesa Jenar. Debut pertama Alfeandra Dewangga di PSIS Semarang adalah di Liga 1 dalam pertandingan melawan Persela Lamongan pada 7 Maret 2020.

Sebelum saat ini memperkuat tim nasional senior, Dewangga juga pernah memperkuat Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Sejak Piala AFF 2020 lalu, Dewangga selalu jadi langganan untuk dipanggil ke skuad tim nasional senior Indonesia.


Sempat Diisukan Segera Ke Luar Negeri

Timnas Indonesia - Victor Igbonefo, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo
Perbesar
Timnas Indonesia - Victor Igbonefo, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo (Bola.com/Adreanus Titus)

Sejak tampil apik di gelaran Piala AFF 2020 lalu, Alfeandra Dewangga dan beberapa pemain muda Indonesia yang lain diisukan akan segera bermain di luar negeri. Untuk kasus Dewa, beberapa klub Korea Selatan dan Eropa sempat disebut tertarik mengontraknya.

Namun, pemain kelahiran Semarang 28 Juni 2001 itu lebih memilih untuk fokus dulu di PSIS Semarang. Paling tidak sampai BRI Liga 1 2021/2022 berakhir.

Alfeandra Dewangga baru memiliki tujuh kali catatan penampilan di BRI Liga 1 musim ini bersama PSIS Semarang. Catatan yang cukup sedikit sebab ia kerap kali harus absen dari PSIS untuk memperkuat tim nasional Indonesia.


Terus Kembangkan Potensi

Alfeandra Dewangga
Perbesar
Alfeandra Dewangga adalah seorang pemain sepak bola Indonesia yang bermain sebagai bek untuk PSIS Semarang dan tim nasional Indonesia.

Alfeandra Dewangga adalah pemain muda dengan karakter yang menarik. Sebagai bek tengah, pemain bertinggi 177 cm ini punya kemampuan yang bagus dalam hal distribusi bola.

Hal itu yang membuatnya punya nilai lebih dibandingkan dengan bek tengah tradisional. Selain itu, Dewangga juga punya kemampuan yang bagus dalam hal melakukan eksekusi tendangan bebas.

Di beberapa kesempatan ia ditunjuk jadi eksekutor tendangan bebas baik di PSIS maupun di tim nasional. Namun, Dewa perlu terus mengasah potensinya agar benar-benar maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya