Prakiraan Cuaca Semarang Hari ini, Diprediksi Hujan Tipis-Tipis Mulai Sore

Oleh Liputan6.com pada 24 Jan 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 05:00 WIB
ilustrasi hujan di Semarang
Perbesar
ilustrasi hujan di Semarang (Liputan6)

Liputan6.com, Semarang- Cuaca di Kota Semarang pada Senin (24/1/2022) diperkirakan berawan sejak dini hari sampai siang hari sekitar pukul 13.00 WIB. Dikutip dari bmkg.go.id, suhu udara di Kota Semarang pada hari ini berkisar 24 sampai 31 derajat Celsius.

Kelembaban di Kota Semarang berkisar 65 sampai 95 persen.

Potensi hujan ringan di Kota Semarang terjadi mulai pukul 16.00 WIB. Kondisi hujan ringan diprediksi berlanjut pada pukul 19.00 dan 22.00 WIB.

Seminggu sebelumnya, pada 17 sampai 22 Januari 2022, BMKG memprediksi cuaca ekstrem terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Semarang. Berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem termasuk di Semarang pada pekan lalu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya