Depot Es Semanggi, Warung Es Legendaris di Magelang Sejak Zaman Revolusi

Oleh Liputan6.com pada 22 Jan 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 22 Jan 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi warung es legendaris Magelang jawa Tengah
Perbesar
Ilustrasi warung es legendaris Magelang jawa Tengah(dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Semarang- Es Semanggi adalah salah satu kuliner yang cukup legendaris di kota Magelang, Jawa Tengah. Rasanya belum lengkap apabila singgah ke Kota Magelang Jawa Tengah tanpa mencicipi kuliner yang satu ini.

Lokasi penjual Es Semanggi berada di dekat area parkir sepeda motor atau basement Matahari Departement Store Magelang Jawa Tengah. Meski lokasi berjualan es ini terbilang tersembunyi, namun selalu ramai pelanggan.

Depot Es Semanggi berdiri sejak 1960-an. Saat ini depot es legendaris ini sudah dikelola generasi ketiga. Meski begitu, cita rasa menu yang dihadirkan tetap sama.

Di Depot Es Semanggi ini terdapat 19 varian es. Namun yang menjadi favorit antara lain Es Pleret, Es Coklat Pleret, Es Coklat Roti dan Es Susu Pleret.

Es Pleret memiliki isi yang juga dikenal dengan nama gempol, berupa tepung beras yang sebelumnya diolah jadi adonan dan dibentuk silinder. Potongan pleret dimasukkan, kemudian dicampurkan es, sirup merah, dan santan. Rasa gurih manisnya membuat Es Pleret disukai banyak orang.

Ciri khas Depot Es Semanggi lainnya adalah penggunaan sirup berwarna-warni. Ada sirup hijau, merah muda, cokelat, gula jawa, hingga sirup bening yang biasanya dipadukan kelapa muda.

Depot Es Semanggi buka mulai pukul 10.00 sampai 15.30 WIB. Namun tak jarang, sebelum pukul 15.30, menu es di sini sudah habis.

Untuk harga jual satu porsi es di Es Semanggi Magelang Jawa Tengah ni sangat terjangkau, yakni mulai Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Saksikan video pilihan berikut ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya