Longsor Landa 2 Desa di Kudus Jateng, Tembok Jebol Atap Ambruk

Oleh Liputan6.com pada 20 Jan 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 14:00 WIB
longsor-ilustrasi-131201b.jpg
Perbesar
Ilustrasi - longsor di Kudus, Jateng

Liputan6.com, Kudus - Bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terjadi di dua desa di Kecamatan Gebog dan Dawe, sedangkan rumah terdampak ada dua rumah yang mengalami kerusakan akibat tertimpa material tanah longsor.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo di Kudus, bencana tanah longsor yang pertama terjadi di Desa Colo pada Rabu (19/1) pukul 23.20 WIB yang mengakibatkan rumah warga setempat mengalami kerusakan.

Rumah warga bernama Harto tersebut, kata dia, kebetulan berada di bawah tebing tinggi, setelah terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi tebing tersebut mengalami longsor setinggi 5 meteran dengan lebar 5 meteran.

Akibat kejadian tersebut, tembok bagian belakang rumah warga tersebut mengalami jebol sepanjang 4 meter dan tinggi 2 meteran karena tidak kuat menahan material longsor.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kawasan Rawan Longsor

Kasus serupa juga terjadi di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, pada Kamis (20/1) dini hari dan mengakibatkan rumah milik Sutir mengalami kerusakan di bagian atapnya karena tertimpa material longsor.

Bencana tanah longsor di dua desa tersebut, terjadi setelah hujan lebat yang terjadi sejak Rabu (19/1) sore sehingga mengakibatkan tanah yang mengandung air menjadi jenuh kemudian mengalami longsor.

Untuk korban jiwa, kata dia, nihil, sedangkan nilai kerugian akibat peristiwa tersebut ditaksir mencapai Rp4 jutaan.

Berdasarkan peta rawan bencana, untuk daerah rawan bencana tanah longsor tersebar di 13 desa, meliputi Desa Rahtawu, Menawan, Jurang, dan Kedungsari (Kecamatan Gebog), Desa Terban (Kecamatan Jekulo), serta Desa Soco, Ternadi, Japan, Kuwukan, Puyoh, Colo, Dukuh Waringin, dan Cranggang (Kecamatan Dawe).

Bencana tanah longsor di Desa Menawan juga tercatat sudah berulang kali terjadi setiap musim hujan, karena daerahnya merupakan kawasan pegunungan dan banyak pemukiman warga.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya