Sukses

5 Kuliner Sambal Tumpang Koyor di Salatiga, Salah Satunya Sudah Berdiri Setengah Abad

Sambal tumpang koyor adalah makanan khas Salatiga, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang- Sambal tumpang koyor adalah makanan khas Salatiga, Jawa Tengah. Tumpang koyor di Salatiga berbahan dasar tempe busuk dan urat yang terletak di dengkul, pipi, dan mulut sapi.

Seporsi sambal tumpang koyor biasanya disajikan dengan olahan serundeng, kerupuk karak, dan nasi atau bubur.

Meski terbuat dari bahan-bahan sisa, tumpeng koyor memiliki cita rasa yang gurih dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima rekomendasi tempat makan tumpang koyor apabila singgah di Salatiga.

1. Tumpang Koyor Mbah Sabar

Tumpang koyor Mbah Sabar menjadi salah satu tempat makan tumpang koyor yang cukup populer. Tempat makan ini buka dari pukul 05.30 hingga 10.00 WIB saja. Satu porsi tumpang koyor dijual dengan harga Rp 10.000 sampai Rp 15.000 saja.

Uniknya, tumpak koyor khas Mbah Sabar ini menambahkan babat dan jeroan sapi didalam olahannya. Hasilnya, rasa tumpang koyor khas tempat makan ini lebih kaya rasa.

Tumpang koyor Mbah Sabar beralamat di Jalan Ahmad Yani, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejak 1970

2. Tumpang Koyor Mbah Rakinem

Tempat makan tumpang koyor yang satu ini sudah berjualan sejak 1970. Tumpang koyor legendaris ini berjualan di rumah, sehingga permbeli bisa langsung makan di dapur  tempat makan tersebut. Sambal tumpang koyor pun masih nongkrong di atas kompor saat diambil untuk pengunjung.

Tumpang koyor khas Mbah Rakinem ini menggunakan tetelan daging sapi yang empuk beserta tulang-tulang sapi, sehingga menambah kenikmatan sajian tumpang koyor yang legendaris ini.

Satu porsi tumpang koyor khas Mbah Rakinem dihargai Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Tempat makan ini berlokasi di Jalan Nakula Sadewa III Nomor 13 dan buka pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

3. Kedai Inn

Tempat makan tumpang koyor kedai Inn berada di teras rumah yang beralamat di Jalan Nakula Sadewa Raya Nomor 1 dan buka pukul 07.00 hingga 10.0 WIB..

Satu porsi tumpang koyor disini jual dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Uniknya satu porsi tumpang koyor disini disajikan dengan nasi hangat dan gudangan, sehingga terlihat nuansa hijau yang menyegarkan.

 

3 dari 3 halaman

Cocok untuk Sarapan

4. Tumpang Koyor Banjaran

Saat melintasi daerah Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Salatiga, sempatkan mampir di rumah makan sambal tumpang koyor banjaran. Rasanya yang enak dan mantap selalu menjadi incaran pelancong saat datang ke kota ini.

Harga seporsinya tumpang koyor disini Rp15.000 hingga Rp35.000. Tempat makan ini buka pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

5. Tumpang Koyor Bu Suminah

Tumpang koyor Bu Suminah disajikan dengan bubur dan sayur pepaya muda di atasnya. Koyornya yang empuk dan pedas khas sambal tumpang membuat kuliner yang satu ini wajib dicoba.

Tumpang koyor Bu Suminah berlokasi di Jalan Kesambi Nomor 1, tepatnya di halaman toko Waringin. Satu porsi tumpang koyor Bu Suminah dihargai Rp 14.000 saja, dan disajikan dengan pincuk atau daun pisang. Tumpang koyor Bu suminah buka mulai pukul 05.30 hingga 08.00 WIB.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.