Sukses

Puasa Sunah Ayyamul Bidh Desember 2022: Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Hijriyah. Namun, khusus untuk bulan Dzulhijjah puasa sunah ini dapat dikerjakan pada tanggal 14, 15, dan 16.

Dalil pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh terdapat pada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu. Berikut adalah hadisnya.

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن) 

Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Dasar puasa Ayyamul Bidh juga terdapat dalam HR Abu Dawud.

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)   

Artinya: “Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Desember 2022

Jika pada November belum sempat melaksanakan puasa sunah Ayyamul Bidh, Anda dapat mengerjakannya di bulan Desember 2022 yang bertepatan dengan bulan Jumadil Awwal 1444 H. 

Berikut ini jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Desember 2022.

  • 13 Jumadil Awal 1444 H: Rabu, 7 Desember 2022
  • 14 Jumadil Awal 1444 H: Kamis, 8 Desember 2022
  • 15 Jumadil Awal 1444 H: Jumat, 9 Desember 2022
3 dari 3 halaman

Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Arab-latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.