Sukses

5 Keutamaan Sholat Dhuha, Kecukupan Rezeki hingga Pahala Setara Haji dan Umrah

Sholat Dhuha dalam fiqih diartikan sebagai sholat sunnah yang dilakukan di waktu dhuha, yaitu ketika matahari sudah mulai terbit sampai menjelang memasuki waktu zduhur. Meski begitu, banyak anjuran menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat dhuha adalah diakhir waktu dhuha.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat sunah merupakan amalan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan ketika ditinggalkan rugi. Salah satu sholat sunah yang dianjurkan adalah sholat dhuha.

Tata cara melaksanakan sholat dhuha sama seperti sholat pada umumnya, hanya saja waktu untuk melaksanakan sholatnya berbeda.

Sholat Dhuha dalam fiqih diartikan sebagai sholat sunah yang dilakukan di waktu dhuha, yaitu ketika matahari sudah mulai terbit sampai menjelang memasuki waktu zduhur. Meski begitu, banyak anjuran menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk melaksanakan sholat dhuha adalah diakhir waktu dhuha.

Pada umumnya, sholat dhuha dapat dilaksanakan setidaknya 2 rakaat dan kelipatannya yang berjumlah genap. Namun perlu diketahui, sholat dhuha tidak menggunakan witir dalam pelaksanaannya (ganjil).

Sholat Dhuha merupakan ibadah sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat yang begitu besar.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, "Kekasihku Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. puasa tiga hari dari setiap bulan, dua rakaat sholat Dhuha, dan melaksanakan witir sebelum tidur."

Berikut ini adalah 5 keutamaan sholat dhuha

Saksikan Juga Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Shalat Dhuha

1. Mendapatkan Pahala Seperti halnya Orang yang Melaksanakan Haji dan Umrah

Pelaksanaan sholat dhuha di awal waktu (syuruq) setelah melaksanakan ibadah sholat subuh berjamaah itu memiliki keutamaan seperti halnya orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah.

Dalam sebuah riwayat yang disampaikan Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang Shalat Shubuh berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia Sholat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna,” hadits riwayat At-Tirmidzi, no. 586.

2. Seperti halnya Orang yang Bersedekah

Sedekah kerap diartikan dengan memberikan harta kita kepada orang yang membutuhkan. Namun juga perlu diketahui bahwa selain mengeluarkan harta, sedekah bisa lakukan dengan melaksanakan sholat dhuha.

Dalam sebuah Hadits Riwayat Muslim Nomor 724 sampai 729. "Dhuha itu pengganti seluruh tasbih dari seluruh tubuh kita," dan tasbih adalah sedekah.

3. Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Melaksanakan ibadah sunah (sholat dhuha) sebanyak 4 rakaat diwaktu dhuha memiliki keutamaan dimudahkannya rezeki dalam kebutuhan hidupnya.

Dalam sebuah hadits Qudsi yang disampaikan Rasulullah SAW “Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal menuju siang (di waktu dhuha). Maka itu akan mencukupimu sampai di akhir siang (sore hari),” Hadits Riwayat Tirmidzi, no.475.

4. Menyehatkan Tubuh

Keutamaan sholat dhuha lainnya adalah baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya secara rohani, sholat dhuha pun memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Sholat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Udara pagi yang segar dapat bermanfaat bagi pernapasan dan jantung.

Selain itu, waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar. Rajin sholat dhuha juga membantu menyehatkan persendian dan tulang. Berwudu sebelum sholat juga membantu membuat wajah terlihat awet muda.

5. Wajah Lebih Bercahaya

Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah akan membuat wajah orang-orang yang menunaikan lebih bercahaya. Orang yang rajin sholat baik itu sholat fardu maupun sholat sunah akan memiliki wajah yang berseri dan bersinar.

Manfaat ini didukung oleh sejumlah alasan. Pertama, saat sholat, diwajibkan untuk berwudu terlebih dahulu. Berwudu dengan mencuci muka akan membuat wajah terlihat lebih bersih dan terhindar dari kotoran yang menyebabkan wajah kusam.

Kedua, sholat sunah seperti sholat dhuha dapat mencegah stres yang dapat menyebabkan wajah terlihat muram. Sholat dhuha secara rutin dapat menenangkan hati dan pikiran serta terus dekat dengan Allah. Dengan begitu, seseorang jadi tak mudah stres.

Allahu A'laam

Hamzah Setia Al Muhandisyi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.