Sukses

Bersamaan Gerhana Bulan Total, Ini Jadwal dan Lafal Niat Puasa Ayyamul Bidh November 2022

Hari pertama puasa Ayyamul Bidh pada November 2022 bersamaan dengan terjadinya gerhana bulan total (GBT) pada Selasa, 8 November 2022

Liputan6.com, Banyumas - Umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunah di luar puasa wajib pada bulan Ramadhan. Salah satunya yakni puasa Ayyamul bidh, atau puasa pertengahan bulan.

Disebut Ayyamul bidh karena pada hari-hari itu, malam cerah dengan datangnya purnama. Puasa Ayyamul bidh dilakukan pada tanggal 13, 14 dan 15 kalender Hijriyah, terkecuali pada bulan Tasyrik.

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن)

Artinya: “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

وَعَنْ قَتَادَةَ بْنِ مِلْحَانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا بِصِيَامِ أَيَّامِ الْبِيْضِ: ثَلاثَ عَشْرَةَ ، وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ، وَخَمْسَ عَشْرَةَ. (رواه أَبُو داود)

Artinya: “Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk ber-puasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online)

Merujuk penanggalan kalender Hijriyah dalam situs falakiyah.nu.or.id, pada November 2022 puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal 8, 9, dan 10. Jika dilihat harinya bertepatan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

Secara kebetulan, hari pertama puasa Ayyamul Bidh bersamaan dengan terjadinya gerhana bulan total (GBT) pada Selasa, 8 November 2022. Ini adalah momen spesial karena selain berpuasa, seorang muslim juga bisa melakukan berbagai ibadah lain yang disunahkan dilakukan pada hari terjadinya gerhana bulan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lafal Niat

 

Jika Anda ingin melaksanakan puasa ini, maka dapat memulainya dengan niat. Niat puasa Ayyamul Bidh yang dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang sebelum masuk waktu zawal (saat matahari tergelincir ke barat). Syaratnya, belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang cerah).

Karena puasa sunah, maka niat puasa Ayyamdul bidh bisa dilakukan setelah lewat fajar, asal belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Niat puasa sunah Ayyamdul bidh bisa dilakukan hingga beranjak siang. Wallahua'lam.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.