Sukses

Megahnya Masjid Raya Sheikh Zayed, Ikon Wisata Religi Baru Solo ala Timur Tengah

Indahnya Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di Kota Solo berhasil membuat nuansa kota ini seperti di negara Timur Tengah. Mengutip Youtube Channel Suprih Oke, Masjid Raya Sheikh Zayed ini sangat luas diperkirakan mampu menampung sekitar 10.000 jemaah.

Liputan6.com, Solo - Indahnya Masjid Raya Sheikh Zayed yang berada di Kota Solo berhasil membuat nuansa kota ini seperti di negara Timur Tengah. Mengutip Youtube Channel Suprih Oke, Masjid Raya Sheikh Zayed ini sangat luas diperkirakan mampu menampung sekitar 10.000 jemaah.

Menurut cerita warga sekitar setelah pembangunan mangkrak, lahan yang ditinggali ini sebelumnya penuh dengan semak-semak dan sarang hewan liar hingga berubah menjadi masjid megah seperti saat ini.

Terdapat sebuah taman dan area parkir di sisi timur masjid. Detail bangunan yang ditampilkan sangat bagus dan membuat orang merasakan nuansa berbeda dari masjid pada umumnya, beberapa tanaman juga turut menghiasi halaman masjid.

Diketahui masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang nantinya akan diresmikan pada 17 November 2022 dan digadang-gadangi akan menjadi ikon wisata religi Kota Solo.

Selain itu anak pertama dari Presiden Jokowi yang saat ini juga menjabat sebagai Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut memantau progres pembangunan masjid.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid ala Timur Tengah

Dikutip dari Channel Youtube Solo Times mengenai persiapan menjelang peresmian masjid, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, akan ada rangkaian acara dari tanggal 14 hingga 17 November berupa even keagamaan untuk meramaikan peresmian masjid.

“Terkait dengan peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang akan dilaksanakan sekitar bulan November dan peresmian itu juga dirangkaikan dengan festival masjid nasional yang akan digelar di sekitaran sini di masjid juga, dan akan melibatkan peserta dari seluruh Indonesia yang nanti puncaknya pada saat peresmian akan dihadiri Pak Presiden dan Presiden UEA," kata Adib selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag.

Nuansa ikonik Timur Tengah sangat terasa pada desain bangunan dengan gaya Maroko ini. Tidak heran banyak pengendara maupun pejalan kaki yang langsung menoleh melihat keindahan masjid.

“Masjid yang megah sekali. Sering lewat jalan di depannya, jadi penasaran kalau sudah dibuka pagar proyeknya seperti apa nantinya karena antara jalan dan depan masjid sangat dekat," tulis warganet Trias W1976.

Berita terbaru menyebutkan bahwa pagar yang biasanya menutup proyek pembangunan masjid sekarang sudah dibuka. Suasana di malam hari juga semakin cantik dengan tambahan kerlip lampu berwarna kombinasi kuning dan biru begitupun menaranya juga sudah mulai terlihat.

Penulis : Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.