Sukses

Berwudhu Saat Menggunakan Makeup, Simak Penjelasan Berikut

Banyak yang masih belum paham bagaimana cara berwudhu yang sah ketika dalam keadaan menggunakan makeup. Khususnya bagi kaum perempuan ketika pergi keluar rumah kemudian karena mengejar waktu salat akhirnya berwudhu dalam keadaan ber-makeup.

Liputan6.com, Bogor - Banyak yang masih belum paham bagaimana cara berwudhu yang sah ketika dalam keadaan menggunakan makeup. Khususnya bagi kaum perempuan ketika pergi keluar rumah kemudian karena mengejar waktu salat akhirnya berwudhu dalam keadaan ber-makeup.

Pembahasan tentang hal ini diuraikan secara jelas oleh Ustaz Syam di Youtube Trans TV Official dalam acara Islam Itu Indah. Menjawab pertanyaan ini ia mengawali dengan menjelaskan rukun wudhu dan syarat sah wudhu.

Rukun wudhu meliputi niat, membasuh wajah, membasuh tangan sampai siku, mengusap kepala, mencuci kaki sampai mata kaki, dan tertib atau beraturan. Kemudian syarat sah wudhu termasuk di antaranya menggunakan air yang suci lagi mensucikan dan salah satunya adalah tidak ada yang menghalangi masuknya air ke anggota wudhu.

Sehingga dapat diyakini bahwa bahwa makeup akan membuat wudhu Anda tidak sah. Berbeda halnya dengan yang bukan berbentuk fisik atau zat-zat yang diperbolehkan seperti memakai celak atau henna dan memang menjadi sunah bagi Nabi Muhammad SAW.

Apalagi saat ini banyak makeup dengan klaim waterproof yang membuat terhalangnya air untuk masuk ke anggota tubuh ketika berwudhu. Jika sudah demikian, maka jawabannya adalah tidak sah karena wajah termasuk anggota wudhu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi

Lalu bagaimana solusinya? Maka berwudhulah sebelum menggunakan makeup dan jagalah wudhu tersebut jangan sampai ada yang menyebabkan batalnya wudhu itu sendiri.

Hal ini sangat penting untuk diketahui karena di dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan, “Jika engkau ingin salat maka perbaikilah terlebih dahulu wudhu mu (bersuci mu)”.

Kemudian ancaman disampaikan oleh Baginda Rasulullah SAW bagi orang yang tidak sempurna wudhunya, "Neraka wail bagi orang yang ketika dia berwudu tidak sempurna air ke kakinya”. Jadi jika masalah kaki saja ada ancaman apalagi wajah.

Penutup oleh Ustaz Syam, ia berpesan agar jangan menggampangkan permasalahan ini dengan arti lebih mementingkan makeup daripada wudhu.

Penulis: Putry Damayanty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.