Sukses

Film Pengabdi Setan 2 Tayang di Momen Halloween, Ini Nama-Nama Iblis dan Tugasnya dalam Khazanah Islam

Allah SWT dalam Al-Qur'an menyebut bahwa Iblis adalah musuh yang nyata bagi manusia. Karena itu, Allah melarang manusia menyembah setan

Liputan6.com, Banyumas - Mulai Minggu, 30 Oktober 2022 ini, Film Pengabdi Setan 2: Communion dijadwalkan rilis di plaform streaming Disney+ Hotstar.

Film ini dirilis jelang momen Halloween yang jatuh setiap tanggal 31 Oktober. Film Pengabdi Setan 2: Communion merupakan sekuel dari film Pengabdi Setan yang rilis pada 2017.

Pengabdi Setan 2 berhasil melampaui kesuksesan pendahulunya, dengan mengumpulkan 6,3 juta penonton saat tayang di bioskop Indonesia. Sebagai informasi, Pengabdi Setan versi 2017 meraup 4,2 juta penonton.

Sejumlah pemain Pengabdi Setan melanjutkan perannya di Communion. Sebut saja Tara Basro, Endy Arfian, Bront Palarae, Ayu Laksmi dan banyak lagi. Beberapa bintang terkenal juga memerankan karakter baru di film ini, di antaranya Ratu Felisha dan Jourdy Pranata.

Di Indonesia, film bergenre horor memang diminati. Hal ini tak lepas dari legenda, misteri, hingga mitos kerap mewarnai kehidupan masyarakat.

Terlepas dari itu, setan atau iblis dalam perspektif Islam memang ada dan merupakan makhluk gaib. Allah SWT bahkan telah memperingatkan kejahatan dan tipu daya setan terhadap manusia.

Allah SWT dalam Al-Qur'an menyebut bahwa Iblis adalah musuh yang nyata bagi manusia. Karena itu, Allah melarang manusia menyembah setan.

أَلَمْ أَعْهَدْ إِلَيْكُمْ يَا بَنِي آدَمَ أَنْ لَا تَعْبُدُوا الشَّيْطانَ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

“Bukankah aku telah memerintahkan kepadamu Hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu" (QS Yasin: 60).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancaman Iblis kepada Manusia

Mengutip laman NU, iblis mengancam manusia dengan tujuh ancaman, empat di antaranya ada di Surat al-Nisa’ sebagai berikut:

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذانَ الْأَنْعامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْراناً مُبِيناً

“Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata” (QS al-Nisâ’: 119).

Dan tiga di Surat al-A’raf:

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ * ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ

"Iblis menjawab: Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka, dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)” (QS Al-A’raf: 16-17).

3 dari 4 halaman

Nama Keturunan dan Prajurit Iblis

Seorang pakar tafsir terkemuka, Imam Mujahid sebagaimana dikutip Syekh Abdurrauf al-Manawi menyebutkan bahwa Iblis memiliki keturunan dan prajurit yang terstruktur rapi, mereka bekerja sesuai bidangnya masing-masing. Berikut penjelasannya:

1. Al-Syabru

Makhluk satu ini selalu berurusan dengan segala bentuk cobaan yang menimpa manusia. Setiap kali manusia mendapatkan cobaan akan dibuatnya galau dan tidak sabar menerimanya. Segala ekspresi berlebih di kala mengalami musibah seperti menangis histeris, depresi, mengamuk dan tradisi Jahiliyyah lainnya berhubungan dengan pengaruh al-Syabru.

2. Al-A'war

Bertugas di bidang tindak asusila. Cucu Iblis inilah yang mengajak manusia melakukan hubungan seks bebas dengan lawan jenis. Al-A'war mampu memberikan tegangan tinggi di bagian kemaluan pria dan wanita untuk menambah gairah melakukan hubungan terlarang.

3. Al- Sauth

Inilah mungkin cucu Iblis yang paling berhasil di bidangnya. Cucu Iblis yang satu ini bekerja di bagian pemberitaan. Ia berperan meracuni sebuah berita dengan penuh kedustaan. Maraknya penyebaran isu-isu yang tidak jelas dasar kebenarannya merupakan andil besar dari cucu Iblis yang satu ini.

4. Al-Dasim

Berperan menghancurkan keharmonisan rumah tangga pasangan suami istri. Pengaruhnya akan semakin cepat menjalar jika suami hendak memasuki rumah tanpa terlebih dahulu mengucapkan salam terhadap keluarga yang ada di rumah atau tidak dalam kondisi berdzikir.

5. Al-Zalanbur

Ia selalu stand by di pasar-pasar. Cucu Iblis satu ini yang membuat para pebisnis di pasar rentan melakukan tindak penipuan dan kecurangan dalam bertransaksi. Janji-janji palsu pedagang terhadap konsumen merupakan tipu daya dari al-Zalanbur.

4 dari 4 halaman

Kutukan Tuhan

6. Al-Walhan

Keturunan Iblis satu ini bertugas mengganggu urusan bersuci manusia. Setiap manusia dibuatnya selalu ragu-ragu dan was-was saat berwudlu, mandi atau aktivitas thaharah lainnya. al-Walhân mempengaruhi manusia untuk menggunakan air secara berlebihan.

7. Al-Khanzab

Anak Iblis satu ini secara khusus menganggu shalatnya manusia. Anak cucu Adam dibuatnya malas shalat, melanggar etika shalat, melakukan hal-hal yang dapat membatalkan shalat, tidak khusyu’ saat shalat dan lain-lain (Syekh Abdurrauf al-Manawi, Faidl al-Qadir, juz 2, hal. 503).

Masih banyak lagi beberapa tentara Iblis yang bertugas membawa misi besar penyesatan terhadap manusia secara masal. Menurut satu riwayat, setiap hari Iblis bisa melahirkan anak dengan jumlah besar sesuka dia. Setiap prajurit yang berhasil menyesatkan manusia, dijanjikan Iblis mendapat mahkota yang tinggi sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban, al-Hakim dan al-Thabrani dari haditsnya Abi Musa al-Asy’ari berupa hadits marfu’ (Syekh Badruddin al-‘Aini, Umdah al-Qari Syarh Shahih al-Bukhari, juz 15, hal. 168).

Iblis dan para prajuritnya sadar benar bahwa vonis kutukan Tuhan takan pernah dicabut kembali, sehingga mereka bergerilya bahu-membahu dari generasi ke generasi dengan satu misi untuk menjerumuskan manusia yang mereka anggap sebagai anak emas Tuhan.

Oleh sebab itu, penting bagi manusia untuk mewaspadai gerakan mereka, di antaranya dengan memperbanyak dzikir, memperbanyak shalat, rajin membaca Al-Qur’an, bersedekah, menebar kedamaian antar sesama dan amal ibadah lainnya yang dapat membentengi manusia dari gangguan Iblis.

Godaan Iblis tidak hanya kepada orang-orang awam tapi juga menyerang orang-orang saleh dan ulama, bahkan lebih gencar. Setinggi apa pun kualitas ibadah dan keilmuan manusia, Iblis akan terus berusaha menyesatkannya selama manusia masih hidup.

Tidak sedikit mantan orang saleh dan ulama yang dijerumuskan Iblis sehingga mengalami akhir hayat yang buruk, na’ûdzu billahi min dzalik. Oleh karenanya para ulama tasawuf mengajarkan agar tidak mudah jumawa atau memvonis buruk kepada orang lain, sebab kita tidak akan pernah mengetahui akhir dari kehidupan kita. Semoga kita senantiasa diberi perlindungan oleh Allah dan mendapat husnul khatimah.

(Sumber:https://islam.nu.or.id/ubudiyah/nama-nama-keturunan-iblis-dan-tugas-tugasnya-SWNqG)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.