Sukses

5 Amalan Setelah Sholat Fardhu Sesuai Sunah Rasulullah SAW: Duduk Sejenak hingga Berdzikir

Melaksanakan sholat fardhu lima waktu adalah perintah Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW yang merupakan hasil dari Isra’ Mi’raj. Sholat ini wajib dikerjakan oleh setiap muslim, kecuali berhalangan karena sebab-sebab tertentu.

Liputan6.com, Bogor - Melaksanakan sholat fardhu lima waktu adalah perintah Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW yang merupakan hasil dari Isra’ Mi’raj. Sholat ini wajib dikerjakan oleh setiap muslim, kecuali berhalangan karena sebab-sebab tertentu.

Tidak sedikit orang yang beranjak berdiri dan pulang setelah melaksanakan sholat fardhu. Padahal ada beberapa amalan sunah setelah sholat fardhu yang dapat dilakukan. Mungkin orang tersebut belum tahu atau ada aktivitas lain sehingga segera beranjak meninggalkan tempat sholat.

Mengutip laman Muhammadiyah.or.id, sedikitnya ada lima amalan sunah Rasulullah SAW yang dapat dilakukan setelah melaksanakan sholat fardhu. Yuk simak uraian dan penjelasannya.

1. Duduk Sejenak

Amalan sunah pertama setelah sholat fardhu adalah duduk sejenak, tidak langsung meninggalkan tempat sholat. Amalan ini disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu (RA).

Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: Apabila seseorang di antara kamu salat, kemudian ia tetap duduk sebagaimana semula, maka malaikat senantiasa mendoakannya: ya Allah ampunilah dia, ya Allah sayangilah dia, selama ia belum berhadats atau berdiri.” (HR Al-Bukhari dan Ibnu Khuzaimah).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bergeser ke Kiri atau Kanan

Setelah sholat, Rasulullah SAW bergeser ke sebelah kanan dan kiri, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini.

Aku melihat Rasulullah SAW minum dengan berdiri dan duduk, salat dengan bersandal dan tanpa sandal, dan dia juga bergeser (setelah salat) ke sebelah kanan dan kiri.” (HR al-Nasa’i dan al-Thabrani).

Ketika Rasulullah SAW. meng-imami kami, maka ia selalu bergeser ke kedua sampingnya, ke sebelah kanan dan ke sebelah kiri”. (H.R. At-Tirmidzi).

3. Imam Menghadap Makmum

Jika Anda ditugaskan menjadi imam, setelah sholat fardhu disunahkan untuk menghadap ke makmum. Amalan sunah ini disebutkan dalam hadis riwayat Muslim dan Abu Dawud dari Samurah bin Jundub RA.

"Apabila kami salat di belakang Rasulullah SAW kami paling senang berada di sebelah kanannya di mana ia menghadapkan wajahnya. Ia berkata: aku mendengar beliau berdo’a: ya Allah jagalah aku dari adzabmu pada hari dibangkitkan dan dikumpulkan semua hamba-Mu.” (HR Muslim dan Abu dawud).

3 dari 3 halaman

4. Bergeser Sebelum Sholat Sunah

Amalan sunah kelima setelah melaksanakan sholat fardhu adalah bergeser sebelum sholat sunah. Misalnya, bergeser maju atau mundur, ke kiri atau ke kanan, keluar atau berbicara.

Rasulullah SAW bersabda: Apabila salah seorang di antara kalian selesai salat wajib, lalu ia hendak sholat sunnah, maka hendaklah dia maju sedikit atau mundur sedikit, atau bergeser ke kanan atau ke kiri.” (HR Abdur Razaq).

5. Berdzikir

Amalan sunah ini tentunya sudah tidak asing lagi terdengar. Anda mungkin pernah mendengar imam memimpin dzikir di hadapan makmumnya setelah melaksanakan sholat fardhu. 

Ternyata berdzikir usai sholat fardhu termasuk amalan sunah yang dilakukan Rasulullah SAW, sebagaimana diriwayatkan Tsauban RA.

Apabila Rasulullah SAW selesai dari sholatnya ia beristighfar tiga kali, dan berdo’a: ya Allah Engkau adalah kedamaian, dan dariMu jua kedamaian, Engkau maha memberkahi, pemilik keagungan dan kemuliaan.” (HR Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Sementara Ahmad, Ibnu Khuzaimah dan al-Nasa’i menambah lafadz ‘ya’, sehingga (berarti) wahai pemilik keagungan dan kemuliaan).

Itulah lima amalan sunah Rasulullah SAW setelah melakukan sholat fardhu. Wallahu'alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.