Sukses

Penuh Masalah, Simak Kisah Pemuda dan Pak Tua yang Bijaksana

Tidak seorangpun di dunia ini yang terlepas dari rasa sedih. Setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan. Hanya saja derajat kesedihan seseorang tidak bisa disamakan, masing-masing orang berbeda-beda.

Liputan6.com, Cilacap - Tidak seorangpun di dunia ini yang terlepas dari rasa sedih. Setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan. Hanya saja derajat kesedihan seseorang tidak bisa disamakan, masing-masing orang berbeda-beda.

Demikian juga dalam hal menyikapinya, masing-masing manusia berbeda satu sama lainnya. Semoga dengan kisah ini dapat melapangkan dada siapa saja yang sedang mengalami masalah.

Dikisahkan, ada seorang pemuda yang sedang mengalami masalah yang sangat berat dalam hidupnya. Ujian dan kesulitan datang bertubu-tubi, silih berganti sehingga membuatnya putus asa.

Langkahnya tak terarah dan gontai serta air muka terlihat masam. Pemuda itu, memang sedang tidak bahagia. Kelihatannya ia sedang mengalami masalah yang berat dalam hidupnya.

Kemudian pemuda itu mendatangi rumah Pak Tua yang tersohor kearifan dan kebijaksanaannya. dalam mengatasi masalah.

Pemuda itu lalu menceritakan semua masalah-nya. Pak Tua yang bijak mendengarkan dengan penuh perhatian. Setelah mendengar cerita pemuda tadi, ia lantas mengambil segenggam garam dan segelas air. Dimasukkannya garam itu ke dalam gelas, lalu diaduk perlahan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air dan Segenggam Garam

 

"Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya, “ujar Pak tua itu.

“Asin. Asin sekali, “jawab sang tamu, sambil meludah ke samping.

Pak Tua tersenyum kecil mendengar jawaban itu. Sembari memegang bahu pemuda tadi, Pak Tua mengajaknya ke tepi telaga yang letaknya tidak jauh dari rumahnya. Sesampainya di tepi telaga, Pak Tua menaburkan segenggam garam ke telaga itu.

Dengan potongan kayu yang agak panjang, Pak Tua mengaduk air telaga itu, lalu menyuruh pemuda tadi meminumnya.

“Coba, ambil air dari telaga ini dan minumlah”, kata Pak Tua.

Pemuda tersebut menuruti perintah Pak Tua tersebut. Ketika pemuda telah selesai mereguk air danau itu, Pak Tua kemali bertanya, “Bagaimana rasanya nak?”

“Enak dan segar,” sahut sang pemuda.

“Apakah kamu merasakan garam di dalam air itu?”, kata pak Tua kemali bertanya.

“Tidak, sama sekali aku tidak merasakannya” jawab sang pemuda.

3 dari 3 halaman

Nasihat Lelaki Tua

Sembari tersenyum kecil, Pak Tua menepuk-nepuk punggung si anak muda dan berpesan kepadanya.

“Anak muda, dengarlah. Pahitnya masalah kehidupan, laksana segenggam garam tadi, tak lebih dan tak kurang. Jumlah garam yang kutaburkan sama, tetapi rasa air yang kau rasakan berbeda”, kata Pak Tua menasehatinya.

“Demikian pula kepahitan akan kegagalan yang kita rasakan dalam hidup ini, akan sangat tergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itu, akan didasarkan dari perasaan tempat kita meletakkan segalanya. Itu semua akan tergantung pada hati kita.”, imbuhnya 

“Jadi, saat kamu merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang bisa kamu lakukan. Lapangkanlah dadamu menerima semuanya. Luaskanlah hatimu untuk menampung setiap kepahitan itu”, tandas Pak Tua

“Hatimu adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Kalbumu adalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan itu dan merubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan," pungkasnya

 

Penulis: Khazim Mahrur

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.