Sukses

Rahasia dan Keutamaan Sedekah Subuh: Ada Dua Malaikat yang Mendoakan

Sedekah adalah tindakan mulia dan Allah SWT akan memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah. Dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berjanji bahwa orang yang bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya.

Liputan6.com, Bogor - Sedekah adalah tindakan mulia dan Allah SWT akan memuliakan orang-orang yang gemar bersedekah. Dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT berjanji bahwa orang yang bersedekah akan dilipatgandakan pahalanya.

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (Terjemahan QS Al-Baqarah:21, dapat dilihat di sini)

Orang yang bersedekah tidak perlu khawatir. Sebab, Allah SWT akan mengganti rezekinya sebagaimana firman-Nya dalam surah Saba’ ayat 39.

Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (Terjemahan QS Al-Baqarah:21, dapat dilihat di sini)

Dalam sabdanya, Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya bersedekah. “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” (HR Imam Baihaqi).

Banyak orang yang sudah mengetahui tentang keutamaan sedekah. Maka dari itu, mereka selalu istiqomah dan tidak pernah berhenti menyisihkan sebagian dari rezekinya untuk orang-orang yang berkeyakinan. 

Mereka juga meyakini bahwa rezeki yang datang dari Allah SWT hanyalah titipan. Sebagian rezeki yang Allah SWT titipkan itu ada hak orang lain yang harus dibagikan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedekah Subuh

Sedekah tidak mengenal waktu, artinya dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada keistimewaan khusus jika sedekah dilakukan saat waktu subuh.

Keistimewaan sedekah subuh telah diterangkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan Malaikat yang satu lagi berkata: `Ya Allah, musnahkanlah harta orang-orang yang bakhil." (HR Bukhari dan Muslim).

Mengutip laman Baznas.go.id, ada beberapa cara pelaksanaan sedekah subuh.

1. Setelah Anda menunaikan salat subuh di masjid, Anda bisa mengisi kotak amal yang tersedia. Berapa pun sedekah yang Anda berikan, akan sangat berarti dan memberi manfaat bagi mereka yang membutuhkan. 

2. Di waktu setelah salat subuh, Anda bisa mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan kita.

3. Memberikan makanan kepada tetangga, panti asuhan, atau pondok pesantren selepas salat subuh. Waktunya sangatlah tepat karena untuk sarapan pagi.

4. Menabung koin di toples kecil setiap subuh kemudian jika dirasa sudah cukup banyak, Anda bisa menyalurkannya di saat subuh. Niscaya hal yang dipandang sepele seperti ini akan sangat besar artinya jika kita melakukannya secara ikhlas.

5. Mentransfer uang atau bersedekah secara online tepat pada setelah salat subuh. Anda bisa mentransfer dana kepada orangtua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.