Sukses

9 Lagu Anak Islami Tentang Kehidupan Nabi Muhammad SAW, Sejak Lahir hingga Wafat

Mengenalkan Nabi Muhammad SAW dan kisahnya kepada anak-anak terkadang perlu dengan cara-cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Kalau metodenya hanya ceramah saja, mungkin putra-putri kita akan bosan.

Liputan6.com, Bogor - Mengenalkan Nabi Muhammad SAW dan kisahnya kepada anak-anak terkadang perlu dengan cara-cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Kalau metodenya hanya ceramah saja, mungkin putra-putri kita akan bosan.

Sebagai orangtua yang menjadi madrasah bagi anak-anaknya harus punya terobosan agar para putra-putrinya bisa mengenal kisah Nabi Muhammad SAW dengan mudah. Salah satunya bisa dengan media lagu.

Sebuah riset yang dilakukan Sumber Tri Utami dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah membuktikan bahwa dengan penggunaan media lagu (nyanyian) dapat meningkatkan minat belajar anak. 

Penelitian tersebut dilakukan Sumber Tri Utami kepada siswa kelas IV SD Negeri Tlogopandogan 2 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2013 /2014. Salah satu poin dari riset tersebut adalah siswa menjadi lebih tertarik belajarnya.

Meski berbeda konteksnya, namun riset tersebut dapat menjadi dasar bahwa dengan lagu bisa meningkatkan semangat anak-anak untuk mempelajari suatu hal, termasuk tentang kisah Nabi Muhammad SAW.

Lagu-lagu anak islami tentang nabi sebenarnya banyak. Orangtua bisa menggunakan gawainya lalu mencari di mesin penelusuran. Atau bisa langsung mencarinya di aplikasi video.

Jika ingin lebih simple, orangtua dapat menggunakan lagu-lagu di Vidio.com yang akan disajikan oleh Liputan6.com. Orangtua bisa mendengarkan langsung lagu anak islami tentang Nabi Muhammad SAW kepada putra-putrinya, atau bisa juga belajar dulu lirik dan nadanya lalu diajarkan kepada anaknya.

Berikut 9 lagu anak islami tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan lagu anak-anak bisa semakin mengenal nabi sebagai utusan Allah SWT.

 

1. Kelahiran Nabi

2. Keluarga Nabi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

3. Akhlak Nabi

3 dari 8 halaman

4. Usia Remaja Nabi

4 dari 8 halaman

5. Dakwah Pertama Nabi

5 dari 8 halaman

6. Hijrah Nabi

6 dari 8 halaman

7. Perang Nabi

7 dari 8 halaman

8. Isra' Mi'raj

8 dari 8 halaman

9. Wafatnya Nabi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.