Sukses

Kisah Pupusnya Kesaktian Iblis Mencuri Suratan Takdir dari Langit

Dukun kerap diasosiasikan sebagai sosok sakti yang memiliki kemampuan supranatural, misalnya penyembuhan secara gaib atau bahkan meramal nasib dari hasilnya bersekongkol dengan jin yang mencuri dengar takdir dari langit

Liputan6.com, Jakarta - Praktik perdukunan barangkali sudah seusia dengan peradaban manusia. Persekongkolan dukun dan jin pada masa itu mungkin saja tak terbayangkan bisa terjadi pada hari ini.

Pada masa itu, bahkan dukun bisa meramalkan dengan tepat nasib seseorang. Sebab, kala itu iblis masih mudah mencuri dengar suratan takdir.

Mereka biasanya dibantu jin untuk mencuri dengar perbincangan malaikat di langit tentang suratan takdir. Dari jin itulah si dukun mendapat informasi tentang apa saja sehingga ia mengetahui banyak hal yang tidak bisa dijangkau manusia pada umumnya.

Setelah ribuan tahun, dukun menempati kedudukan tertentu dalam sebuah starata sosial. Bisa jadi karena takut, atau mungkin saja benar-benar dihormati.

Begitulah, selama ribuan tahun persekongkolan dukun dan jin mewarnai tiap sendi kehidupan manusia. Hingga pada akhirnya, kelebihan yang dimiliki jin dan dukun itu mulai terkikis dan akhirnya benar-benar punah.

Mengutip laman NU, kesaktian jin mencuri dengar itu terjadi sejak diutusnya Nabi Isa. Sebab jin mulai kesulitan mencuri dengar. Sejak itu, kemampuan meramal itu pun punah.

Terlebih setelah Nabi Muhammad SAW dilahirkan, akses jin untuk mencuri dengar percakapan malaikat di langit ditutup total. Syekh Abul Qasim as-Suhaili dalam ar-Raudhul Unf memaparkan:

رُوِيَ فِي مَأْثُورِ الْأَخْبَارِ أن إبليس كان يخترق السّماوات قَبْلَ عِيسَى، فَلَمّا بُعِثَ عِيسَى، أَوْ وُلِدَ حجب عن ثلاث سماوات، فَلَمّا وُلِدَ مُحَمّدٌ حُجِبَ عَنْهَا كُلّهَا، وَقُذِفَتْ الشّيَاطِينُ بِالنّجُومِ

Artinya, “Diriwayatkan dalam beberapa hadits yang ma’tusr, dulu iblis bia mencuri dengar di langit sebelum Nabi Isa diutus. Setelah Isa diutus atau dilahirkan, tertutup tiga lapis langit. Hingga Nabi Muhammad lahir iblis tidak bisa lagi mencuri dengar sama sekali, sebab setan-setan sudah dilempari dengan bintang-bintang.” (Abul Qasim as-Suhaili, ar-Raudhul Unf, juz II, halaman 194).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramalan Bercampur Kebohongan

Banyak ayat Al-Qur’an yang menyinggung tentang kelakuan jin ini. Hingga kemudian Allah menciptakan bintang-bintang yang salah satu fungsinya untuk melempari para jin sehingga akses mereka untuk mencuri dengar tertutup total. Salah satunya adalah firman Allah berikut:

وَلَقَدْ زَيَّنَّا السَّمَاۤءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيْحَ وَجَعَلْنٰهَا رُجُوْمًا لِّلشَّيٰطِيْنِ وَاَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابَ السَّعِيْرِ

Artinya, “Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mulk [67]: 5).

Berkaitan dengan ayat di atas, Ibnu Jarir ath-Thabari dalam tafsirnya menjelaskan, Allah swt menciptakan bintang-bintang di langit memiliki tiga fungsi, yaitu; sebagai hiasan, untuk melempari setan, dan sebagai petunjuk arah. (Ibnu Jarir ath-Thabari, Jami’ul Bayan, 2013: juz XII, halaman 166).

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أَخْبَرَنِي رَجُلٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ الْأَنْصَارِ أَنَّهُمْ بَيْنَمَا هُمْ جُلُوسٌ لَيْلَةً مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رُمِيَ بِنَجْمٍ فَاسْتَنَارَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاذَا كُنْتُمْ تَقُولُونَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ إِذَا رُمِيَ بِمِثْلِ هَذَا قَالُوا اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ كُنَّا نَقُولُ وُلِدَ اللَّيْلَةَ رَجُلٌ عَظِيمٌ وَمَاتَ رَجُلٌ عَظِيمٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِنَّهَا لَا يُرْمَى بِهَا لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنْ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى اسْمُهُ إِذَا قَضَى أَمْرًا سَبَّحَ حَمَلَةُ الْعَرْشِ ثُمَّ سَبَّحَ أَهْلُ السَّمَاءِ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ حَتَّى يَبْلُغَ التَّسْبِيحُ أَهْلَ هَذِهِ السَّمَاءِ الدُّنْيَا ثُمَّ قَالَ الَّذِينَ يَلُونَ حَمَلَةَ الْعَرْشِ لِحَمَلَةِ الْعَرْشِ مَاذَا قَالَ رَبُّكُمْ فَيُخْبِرُونَهُمْ مَاذَا قَالَ قَالَ فَيَسْتَخْبِرُ بَعْضُ أَهْلِ السَّمَاوَاتِ بَعْضًا حَتَّى يَبْلُغَ الْخَبَرُ هَذِهِ السَّمَاءَ الدُّنْيَا فَتَخْطَفُ الْجِنُّ السَّمْعَ فَيَقْذِفُونَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ وَيُرْمَوْنَ بِهِ فَمَا جَاءُوا بِهِ عَلَى وَجْهِهِ فَهُوَ حَقٌّ وَلَكِنَّهُمْ يَقْرِفُونَ فِيهِ وَيَزِيدُونَ

Artinya, “Dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Abbas ra, ia berkata, ‘Salah seorang sahabat Nabi saw dari kaum Anshar menceritakan padaku. Ketika mereka duduk-duduk bersama Rasulullah pada suatu malam, ada bintang (meteor) jatuh memancarkan cahaya. Maka Rasulullah bertanya kepada mereka, ‘Apa yang kalian katakan masa jahiliah ketika ada lemparan (meteor) seperti ini?’ Mereka menjawab, ‘Allah dan Rasul-Nya yang mengetahui. Dulu kami katakan, ‘Pada malam ini telah dilahirkan seorang yang terhormat dan telah mati pula seorang yang terhormat,’ Lalu Rasulullah menjelaskan, ‘Sesungguhnya bintang itu tidaklah dilemparkan karena kematian seseorang dan tidak pula karena kelahiran seseorang. Akan tetapi apabila Allah swt telah memutuskan sebuah perkara, para malaikat yang membawa ‘Arasy bertasbih. Kemudian diikuti oleh para malaikat penghuni langit yang di bawah mereka, sampai tasbih itu kepada para malaikat penghuni langit dunia. Kemudian para malaikat yang di bawah para malaikat pembawa ‘Arasy bertanya kepada para malaikat pembawa ‘Arasy, ‘Apa yang dikatakan Tuhan kita?’ Lalu mereka memberitahu apa yang dikatakan Tuhan mereka. Maka malaikat penghuni langit dunia saling bertanya pula di antara sesama mereka, sehingga berita tersebut sampai ke langit dunia.

Kemudian para jin berusaha mencuri dengar, lalu mereka sampaikan kepada para kekasihnya (tukang sihir atau dukun). Sehingga mereka dilempar dengan bintang-bintang tersebut. Berita itu mereka bawa dalam bentuk yang utuh, yaitu yang sebenarnya tetapi mereka campur dengan kebohongan dan mereka tambah-tambahkan.” (HR Muslim).

Dari hadis ini padat diambil kesimpulan, informasi tentang suratan takdir atau kabar gaib yang diperoleh para dukun pada masa jahiliah didapat dari para jin yang mencuri dengar percakapan malaikat di langit. Hanya saja, sebenarnya jin-jin tersebut juga tidak amanah sehingga informasi yang disampaikan pada si dukun tidak akurat dan penuh kebohongan.

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.