Sukses

Manfaat Doa Sebelum Makan Dibuktikan oleh Ilmuwan Jepang Secara Ilmiah, Ini Hasilnya

Islam mengajarkan ketika hendak melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat hendaknya di awali dengan berdoa. Perihal makan, Islam mengajarkan doa sebelum dan sesudah makan. Berikut ini Lafal doanya, lengkap arab, latin dan artinya.

Liputan6.com, Cilacap - Islam mengajarkan ketika hendak melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat hendaknya diawali dengan membaca doa.

Doa merupakan upaya batin agar segala sesuatu yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dan ridla Allah SWT.

Termasuk aktivitas yang baik dan bermanfaat ialah makan. Makan merupakan aktivitas yang tujuannya antara lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, vitamin dan lain sebagainya bagi tubuh, sehingga menjadi kuat dan dapat beraktivitas secara normal.

Perihal makan, Islam mengajarkan doa sebelum makan dan sesudah makan. Berikut ini Lafal doanya, lengkap arab, latin dan artinya.

Rasulullah SAW menganjurkan berdoa terlebih dahulu sebelum makan dan sesudah makan. Sebab dengan berdoa Allah SWT akan menurunkan keberkahan atas apa yang kita makan. Selain itu, untuk mencegah setan ikut turut serta menyantap makanan kita.

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan" (HR. Muslim dan Ahmad).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Doa Sebelum dan Setelah Makan

 

Manfaat doa sebelum makan ternyata juga bisa dibuktikan secara ilmiah. Ilmuwan asal Jepang, Masaru Emoto yang telah menelitinya.

Dalam hasil penelitian yang tertuang dalam karya ilmiahnya yang berjudul "The Hidden Message in Water", menegaskan, makanan dan minuman yang dibacakan doa akan mengalami perubahan molekul secara lebih baik.

Sementara yang tidak dibacakan doa tidak akan mengalami perubahan pada susunan molekulnya. Susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, Masaru Emoto juga mengungkapkan, makanan dan minuman yang telah dibacakan doa akan mempengaruhi perilaku orang menjadi lebih baik. 

Selain terhindar dari setan, mendapatkan keberkahan, ternyata membaca doa sebelum makan dan minum berdasarkan temuan ilmiah sangat baik bagi kesehatan manusia.

3 dari 3 halaman

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

1. Doa Sebelum Makan

Diriwayatkan, ketika makanan didekatkan kepada Rasulullah, beliau membaca:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillâh (atas nama Allah).

2. Doa Setelah Makan

Berikut ini alternatif doa yang bisa dibaca sesudah makan:

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنَا إِيَّاهُ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ hadzat tha‘âma wa razaqanâ iyyâhu min ghairi haulin minnî wa lâ quwwatin.

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan dengan makanan ini dan telah mengaruniakan kami akan itu makanan dengan tiada daya dan upaya dari kami,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Adapula yang membaca doa sesudah makan sebagaimana berikut ini.

 اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn.

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh.”

Penulis: Khazim Mahrur

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.