Sukses

Bacaan Sholawat Ibrahimiyah Arab, Latin, dan Artinya: Keutamaannya Dapat Syafaat Rasulullah SAW

Sholawat Ibrahimiyah masuk ke deretan sholawat populer dan sering dibacakan oleh umat Islam. Setidaknya umat Islam membaca sholawat Ibrahimiyah lima kali dalam sehari semalam, yakni saat tahiyat akhir dalam sholat.

Liputan6.com, Bogor - Sholawat Ibrahimiyah masuk ke deretan sholawat populer dan sering dibacakan oleh umat Islam. Setidaknya umat Islam membaca sholawat Ibrahimiyah lima kali dalam sehari semalam, yakni saat tahiyat akhir dalam sholat.

Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhani dalam kitab Afdlalus Shalawât ‘alâ Sayyidis Sâdât menerangkan, jika dibandingkan sholawat-sholawat lain baik yang ma’tsûrah (diriwayatkan dari Nabi) maupun yang tidak ma’tsûrah, sholawat Ibrahimiyah merupakan sholawat yang paling sempurna shighatnya.

Kesempurnaan tersebut menjadi salah satu alasan para ulama menentukan sholawat Ibrahimiyah dibaca saat sholat, di samping memang ada kesepakatan perihal kesahihan hadisnya. 

Mengutip NU Online, ada banyak perawi hadis yang meriwayatkan sholawat Ibrahimiyah. Para perawi tersebut antara lain Imam Malik dalam kitab Muwaththa, Imam Bukhari dan Muslim dalam kitab shahihnya, hingga para imam lainnya seperti Abu Dawud, Nasa'i, dan Turmudzi.

Banyaknya yang meriwayatkan hadis tentang sholawat Ibrahimiyah membuat beragamnya redaksi sholawat Ibrahimiyah yang berbeda-beda. Berikut ini adalah bacaan sholawat Ibrahimiyah berdasarkan riwayat Imam Baihaqi.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ   

Arab-latin: Allohumma solli 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa sollaita 'alaa aali ibroohim, wa baarik 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad, kamaa baarokta 'alaa aali ibroohim, fil 'aalamiina innaka hamiidummajiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Dalam pengamalannya membaca sholawat Ibrahimiyah sering ditambahkan kata “Sayyidina”. Menurut Imam Syamsudin Ar-Ramli dalam kitab Nihayatul Muhtaj Syarh Al-Minhaj, penambahan kata “Sayyidina” merupakan bentuk tata krama kepada nabi dan itu lebih utama ketika membaca sholawat Ibrahimiyah.

Adapun keutamaan membaca sholawat Ibrahimiyah jangan diragukan lagi. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda,

من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة وشفعت له 

Artinya: “Barangsiapa yang membaca shalawat ini (Ibrahimiyah) maka aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan kesaksian dan aku memberi syafaat baginya.”

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.