Sukses

Bolehkah Sholat Sambil Membuka Al-Qur'an?

Di Indonesia, sholat sambil membuka Al-Qur'an tak lazim dilakukan, terkecuali untuk kelompok yang sedikit. Mayoritas umat Islam sholat seperti biasa

Liputan6.com, Banyumas - Di era modern, apa yang dilakukan di sebuah tempat dengan mudah bisa diketahui oleh orang di belahan dunia lain. Makanya, terkadang ada kebiasaan di sebuah tempat yang dianggap janggal di tempat lain.

Di Indonesia, sholat sambil membuka Al-Qur'an tak lazim dilakukan, terkecuali untuk kelompok yang sedikit. Mayoritas umat Islam sholat seperti biasa.

Namun, di belahan dunia lain, ada sebagian dari umat Islam yang sholat membawa Al-Qur'an dan membacanya. Lantas bagaimana hukum sholat sambil membuka Al-Qur'an?

Mengutip laman Muhammadiyah, ada beberapa pendapat tentang sholat sambil membuka Al-Qur'an. Yakni, melarang, membenci, dan yang terakhir membolehkan:

1. Melarang

Ulama yang melarang beralasan bahwa orang yang shalat sambil membawa mushaf, membolak-balik halaman mushaf, melihat mushaf, dan seterusnya adalah gerakan yang terlalu banyak, padahal itu bukan bagian dari sholat. Sementara itu juga tidak diperlukan ketika sholat, sehingga hal ini merusak sholatnya.

Orang yang sedang mengerjakan sholat sebenarnya sedang menghadap Allah SWT. Orang yang sedang sholat, wajib menjaga ketenangan dan khusyu’ (menundukkan diri).

Ketenangan dan khusyu’ (menundukkan diri), sangat diperlukan dalam menghadap Allah agar dapat mencapai apa yang menjadi tujuan sholat, yaitu rahmat, maghfirah, dan hidayah dari Allah. Oleh sebab itu Allah sangat menganjurkannya dalam firman-Nya:

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (1) الَّذِينَ هُمْ فِي صَلاَتِهِمْ خَاشِعُونَ (2) وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ (3) [المؤمنون: 1-3]

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu` dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.” [QS. al-Mu’minun [23]: 1-3]

Dijelaskan pula dalam sebuah hadis, apabila mengerjakan sholat, hendaklah dilakukan dengan konsentrasi seakan-akan Allah SWT berada di hadapannya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَارِزًا يَوْمًا لِلنَّاسِ فَأَتَاهُ رَجُلٌ فَقَالَ: مَا اْلإِيْمَانُ؟ قَالَ: اْلإِيْمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَبِلِقَائِهِ وَرُسُلِهِ وَتُؤْمِنَ بِاْلبَعْثِ. قَالَ: مَا اْلإِسْلاَمُ؟ قَالَ: اْلإِسْلاَمُ أَنْ تَعْبُدَ اللهَ وَلاَ تُشْرِكَ بِهِ وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ وَتُؤَدِّيَ الزَّكَاةَ اْلمَفْرُوْضَةَ وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ. قَالَ: مَا اْلإِحْسَانُ؟ قَالَ: أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَّمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ. [رواه البخاري]

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu., ia berkata: Pada suatu hari Nabi keluar kepada orang-orang, kemudian datanglah kepadanya seorang laki-laki, lalu berkata: Apakah iman itu? Nabi bersabda: Iman ialah percaya kepada Allah, para malaikat-Nya, akan bertemu dengan-Nya, utusan-utusan-Nya, dan percaya kepada hari kebangkitan. Ia berkata: Apakah Islam itu? Nabi bersabda: Islam ialah menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat fardhu dan puasa pada bulan Ramadhan. Ia berkata: Apakah ihsan itu? Nabi bersabda: Menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, sekalipun kamu tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Allah melihatmu …” [HR. al-Bukhari]

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membenci dan Membolehkan

2.Membenci

Yaitu membencinya dengan alasan orang yang shalat sambil membawa dan membaca mushaf khawatir termasuk tasyabbuh (menyerupai) dengan ahli kitab.

3. Membolehkan

Pandangan inilah yang dipilih dan dipedomani mayoritas ulama dengan alasan hadis Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu:

عَن ابْنِ أَبِي مُلَيكَةَ وَكَانَتْ عَائِشَةُ يَؤُمُّهَا عَبْدُهَا ذَكْوَانُ مِنَ الْمُصْحَفِ [رواه البخاري]

“Diriwayatkan dari Ibnu Abi Mulaikah, bahwa Aisyah radhiyallahu ‘anha. pernah diimami oleh budaknya yang bernama Dzakwan dan dia membaca dari mushaf.” [HR. al-Bukhari secara Muallaq, dan Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf]

Demi terbebasnya dari ketiga perbedaan pendapat di atas, kami berpandangan bahwa orang yang sholat sambil membawa dan membaca mushaf tidak ada larangan, terlebih jika dibutuhkan. Seperti sering kita temukan pada sholat malam ketika Ramadhan yang panjang bagi seseorang [khususnya imam] yang khawatir terjadi kesalahan bacaan Al-Qur'an atau tidak hafal.

Hanya saja, tentu jika orang tersebut berusaha untuk menghafalkannya akan lebih utama, sehingga tidak perlu membawa al-Quran ketika shalat atau menjadi imam. Tentu dengan syarat tidak banyak gerakan yang tidak berhubungan dengan shalat yang dapat membatalkan dan tidak terjaganya kekhusyu’an sholat.

Walaupun membawa dan membaca mushaf ketika sholat tidak ada larangannya, jangan sampai pelaksanaannya justru memberatkan atau menyusahkan, karena Allah SWT menjelaskan dalam firman-Nya:

… فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ … [المزمّل: 20]

“… Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari al-Quran …” [QS. al-Muzammil [73]: 20]

Mengenai pandangan di antara ulama yang membenci orang shalat sambil membaca mushaf karena khawatir termasuk tasyabbuh (menyerupai) dengan ahli kitab, merupakan pandangan yang tidak berdasar. Membaca al-Quran terlalu jauh untuk disebut meniru ahli kitab, apalagi dibandingkan seperti membaca kitab/buku-buku lainnya.

Hal ini karena membaca al-Quran termasuk amal sholat, sementara kitab/buku-buku lain tidak termasuk bagian shalat. Sebagaimana kita boleh membaca buku umum yang bermanfaat dan itu tidak termasuk tasyabbuh (menyerupai) terhadap ahli kitab, maka membaca al-Quran lebih layak untuk tidak disebut meniru kebiasaan orang kafir. (Sumber: muhammadiyah.or.id).

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.