Solusi Rambut Berhijab Rontok, Cegah dengan Hair Tonic Limbah Cangkang Telur

Oleh Liputan6.com pada 16 Sep 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 10:30 WIB
2. Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab 
Perbesar
(Shutterstock/Opat Suvi)

Liputan6.com, Banyumas - Masalah rambut rontok bisa menimpa siapa saja. Laki-laki, perempuan, berhijab atau tidak berhijab, dan dari berbagai umur.

Baru-baru ini, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menemukan nanospray hair tonic atau pencegah rambut rontok dari limbah cangkang telur.

Bahkan dari hasil penelitiannya, cangkang telur diyakini memiliki kandungan laminin dan keratin yang dapat membantu meregulasi pertumbuhan rambut.

Kelima mahasiswa penemu nanospray hair tonic dari limbah cangkang telur tersebut yakni Firman Wicaksana, Dheandra Nurul Fadila, Dita Santika, Diana Hasri Pusparini dan Muhmmad Hildan Maulana.

Mereka didampingi dosen pembimbing Nunuk Aries Nurulita selama empat bulan mulai dari bulan Juni hingga September 2022.

Ketua Tim Firman Wicaksana menjelaskan, pengujian produk dilakukan dengan cara pengujian stabilitas dan in vivo terhadap tikus albino jantan, sehingga akan melengkapi data-data penelitian untuk memperkuat hasil penelitian yang diinginkan.

“Alasan digunakannya limbah cangkang telur sebagai bahan dasar pembuatan Nanospary tersebut dikarenakan limbah cangkang telur yang sangat banyak hingga kisaran 9.600 ton/hari di Indonesia yang dapat mempengaruhi kestabilan lingkungan dari segi pencemaran udara,” katanya di Purwokerto, Rabu (14/9/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Produk Herbal Perbaiki Pertumbuhan Rambut

Mahasiswa UMP menemukan nanospray hair tonic pencegah rambut rontok. (Foto: UMP/Liputan6.com)
Perbesar
Mahasiswa UMP menemukan nanospray hair tonic pencegah rambut rontok. (Foto: UMP/Liputan6.com)

Lebih lanjut ia mengatakan, penelitian tersebut termotivasi dengan penumpukan limbah cangkang telur yang mungkin masih sekedar limbah yang membuat terjadinya pencemaran udara.

“Limbah cangkang telur mengandung banyak sekali protein didalamnya terdiri dari laminin dan keratin, kedua protein tersebut ternyata dapat membantu meregulasi pertumbuhan rambut,” ungkapnya.

Dengan adanya produk dari hasil penelitian, lanjut Firman, timnya dapat menambah variasi produk herbal serta dapat menambah nilai ekonomis terhadap limbah cangkang telur.

“Dengan adanya penelitian ini tentunya dapat menjadi salah satu perkembangan ilmu pengetahuan dan dapat menambah variasi produk herbal alami yang berasal dari limbah cangkang telur serta menambah nilai ekonomis terhadap limbah cangkang telur,” jelasnya.

Sementara itu dosen pembimbing Dr. Apt. Nunuk Aries Nurulita, M.Si mengatakan dari penelitian tersebut dapat melatih kepekaan dan kreativitas mahasiswa terhadap permasalahan masyatakat.

"PKM bisa menjadi ajang melatih kreativitas dan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat. Mahasiswa dapat membangun kemampuan berpikir sistematis dalam menelusuri akar masalah dan menetapkan solusi yang tepat," ungkapnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya