Sukses

Sulit Cari Kerja dan Ekonomi Memburuk, Baca Doa Ini Agar Urusan Dipermudah

Selain usaha lahir dengan bekerja keras, seorang muslim yang beriman juga wajib berdoa untuk memohon pertolongan Allah SWT

Liputan6.com, Banyumas - Pandemi Covid-19 perlahan berlalu. Namun, sebagian besar masyarakat masih mengalami kesulitan ekonomi, karena urung mendapat pekerjaan.

Di lain sisi, lapangan kerja juga semakin menipis usai hantaman pandemi memukul berbagai sektor ekonomi. Kini, jutaan orang angkatan kerja tengah berebut lowongan kerja yang jumlahnya tak sebanding dengan angkatan kerja yang ada di Indonesia.

Ada pula sebagian masyarakat yang mencoba peruntungan dengan ber-wirausaha. Sebagian berhasil, lainnya belum beruntung.

Namun, seseorang tak boleh patah arang. Sebab, seorang muslim dianjurkan untuk bekerja keras, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Hurairah: 

لَأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا فَيُعْطِيَهُ أَوْ يَمْنَعَهُ

Artinya: Sungguh seorang dari kalian yang memanggul kayu bakar dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya atau menolaknya. (HR al-Bukhari dan Muslim).

Selain usaha secara lahir, seorang muslim yang beriman wajib hukumnya berikhtiar dengan bathin, yakni doa. Sebab, pertolongan datangnya hanya dari Allah SWT.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Agar Urusan Dimudahkan

Berikut adalah doa agar urusan dimudahkan, dikutip dari NU Online:

أللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَانَحْنُ فِيْهِ وَمَا نَطْلُبُـهُ وَنَرْتَجِيْـهِ مِنْ رَحْمَتِكَ فِي أَمْرِنَا كُلِّهِ فَيَسِّرْ لَنَا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ سَفَرِنَا وَمَا نَطْلُبُهُ مِنْ حَوَائِجِـنَا وَقَرِّبْ عَلَيْنَا الْمَسَافَاتِ وَسَلِّمْنَا مِنَ الْعِلَلِ وَاْلآفَاتِ وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّـنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui keadaan yang sedang kami hadapi, permintaan dan harapan kami dari pada rahmat-Mu dalam semua urusan kami. Maka permudahkanlah urusan kami di dalam perjalanan kami dan apa yang kami minta dari keperluan-keperluan kami. Dekatkanlah jarak perjalanan kami, selamatkanlah kami dari segala penyakit dan kerusakan. Janganlah Engkau jadikan dunia ini sebesar-besar keinginan kami dan setinggi-tinggi harga ilmu kami. Janganlah Engkau kuasakan ke atas kami orang yang tidak menyayangi kami dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihani! Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan keselamatan atas junjungan kami, Nabi Muhammad saw, keluarganya dan sahabat-sahabatnya.”.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.