Sukses

Momen Bersejarah Ketika Ratu Elizabeth II Datang ke Masjid dan Terima Salinan Al-Qur'an

Ratu Elizabeth II untuk kali pertama datang ke masjid di Inggris pada 2002 dan menerima salinan Al-Qur'an

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022). Ratu Britania ini mengembuskan napas terakhir pada usia 96 tahun di Balmoral, Skotlandia, sekitar pukul 18:31 waktu setempat.

Ratu Elizabeth dikenal sebagai pribadi yang teduh dan jauh dari hiruk-pikuk kontroversi. Berbagai kalangan memiliki kesan mendalam mengenai sosoknya, itu termasuk komunitas Islam di Inggris.

Salah satunya yakni pemimpin Islam Scunthorpe Abid Khan. Dia mengingat hari bersejarah ketika Ratu Elizabeth II mengunjungi sebuah masjid di Inggris pada 2002.

Kala itu, Ratu datang ke Islamic Center Scunthorpe. Ini adalah kali pertama kali Ratu Elizabeth II menginjakkan kaki di dalam sebuah masjid di Inggris.

Bagi Abid Khan, kedatangan Ratu Elizabeth ke masjid banyak mengandung arti. Dia merasa, komunitas muslim makin diakui di Inggris.

Menurut dia, Ratu Lizabeth II adalah individu yang luar biasa. Pengakuannya atas berbagai komunitas, termasuk komunitas muslim, akan diwariskan turun temurun.

"Sejarah dibuat hari itu. Orang-orang masih membicarakannya," ucap dia, dikutip Republika yang melansir BBC, Minggu (11/9/2022).

Di samping itu, Khan juga ingat ketika ratu bertanya, "Ini selaras dengan Makkah?".

Pertanyaan Ratu Elizabeth II ini mengacu pada pola sajadah yang ditenun ke karpet. Seperti kekhasan karpet di seluruh dunia.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momen Istimewa Ketika Ratu Menerima Al-Qur'an

"Saya ingat dengan jelas berbicara dengannya selama beberapa menit. Jelas, ada banyak orang dan banyak hal yang terjadi," kata dia.

Menurut dia, ada juga satu momen istimewa. Ratu diberikan salinan Al-Qu'ran. Kunjungan tersebut menjadi bagian dari tur Queen's Golden Jubilee. Khan percaya kunjungan tersebut membangun jembatan antarkomunitas, tidak hanya di Scunthorpe tetapi lebih jauh lagi.

Dia mengatakan, Scunthorpe akan selamanya mengingat Ratu dengan kasih sayang. "Kita semua, dari semua keyakinan dan non-iman, akan mengingat warisan Yang Mulia dalam pelayanan publik dan merayakan pencapaiannya," kata Khan.

Khan mengungkapkan, dia juga mengingat kata-kata perpisahannya kepadanya, "Teruslah bekerja dengan baik, anak muda."

Rakyat Inggris dan dunia sedang berduka setelah mendengar kabar telah kehilangan satu sosok pemimpin besar, yaitu Ratu Elizabeth II. Dia mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun, Jumat (9/9/2022). Dia dikenal sebagai pemimpin monarki terlama dalam sejarah.

Sebelum wafat, Ratu Elizabeth II sudah dalam perawatan di Balmoral, Skotlandia. Kesehatan Ratu Elizabeth mengkhawatirkan saat itu sehingga dokter istana merawatnya secara intens. (Sumber: Republika)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.