Sukses

Siap-Siap, Muhammadiyah Ditawari Dirikan Universitas di Busan Korea Selatan

Muhammadiyah telah berdiri di Seoul, yakni ditandai dengan berdirinya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Korsel dan rencana mendirikan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) di Busan

Liputan6.com, Banyumas - Muhammadiyah mendapat tawaran dari Rektor Tongmyong University, untuk membangun universitas Muhammadiyah di Busan, Korea Selatan. Tawaran itu disampaikan ketika Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif berkunjung ke universitas ini.

Tujuan awal kunjungan rombongan dari UMS ke Korsel adalah untuk memperpanjang MoU kerja sama dengan Youngsan University dan Tongmyong University.

Setelah mendengar pemaparan Sofyan Anif tentang kiprah Muhammadiyah yang sudah mengglobal, Rektor Tongmyong University menawarkan kepada Muhammadiyah untuk mendirikan universitas di Busan, Korea Selatan.

“Alhamdulillah, kerja sama kami lebih meluas, bukan saja perpanjangan kontrak kerja sama antar perguruan tinggi. Bahkan, oleh Rektor Tongmyong University, kami secara khusus ditawari membuka universitas di Busan,” tutur Prof Sofyan dalam siaran pers, Sabtu (3/9/2022).

Di acara jamuan dengan Jeung Hong Sub, Sofyan Anif menjelaskan bahwa Muhammadiyah telah berdiri di Seoul, yakni ditandai dengan berdirinya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Korsel. Selain itu, ada rencana untuk mendirikan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) di Busan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Universitas Muhammadiyah di Berbagai Negara

Menurut sofyan Anis, Muhammadiyah bukan hanya hadir secara kelembagaan melainkan hadir di berbagai belahan dunia melalui lembaga pendidikan.

Seperti di Malaysia, dengan Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM), Muhammadiyah Australian College (MAC) di Australia, dan masih banyak lagi.

“Ada 160 lebih PTM/A di seluruh Indonesia, juga ada UMAM di Malaysia,” papar Sofyan Anif kepada Rektor Tongmyong.

Menyikapi tawaran untuk mendirikan universitas di Busan, Korsel, Prof. Sofyan akan mengundang Jeung Hong Sub ke UMS untuk memberikan orasi ilmiah di acara puncak Milad ke-64 UMS pada 24 Oktober 2022 mendatang.

“Beliau sangat serius tentang ini, dan bersedia datang ke Indonesia jika ada respons positif,” kata Sofyan Anif.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.