Sukses

Bikin Merinding, Gaji Imam Masjidil Haram Seperti Syekh Abdurrahman As-Sudais

Imam masjid di Arab Saudi sangat diperhatikan. Mengutip berbagai sumber imam digaji hingga belasan juta per bulan. Pertanyaannya, berapa gaji Imam Masjidil Haram, seperti Syekh Abdurrahman as-Sudais?

Liputan6.com, Purwokerto - Di Indonesia, gaji imam masjid selalu dibahas dari tahun ke tahun, mulai dari syarat, besaran, hingga sumber pendanaannya. Sebagian besar imam diberi honor atau dalam bahasa yang lebih santun bisyarah oleh pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) atau yayasan yang menaunginya.

Namun, beberapa pemerintah daerah juga telah memberikan gaji Imam. Misalnya, wilayah Bekasi.

Sementara itu, imam masjid di negara Arab Saudi sangat diperhatikan. Mengutip berbagai sumber, imam digaji hingga belasan juta per bulan.

Pertanyaannya, berapa gaji Imam Masjidil Haram, seperti Syekh Abdurrahman as-Sudais?

Masjidil Haram merupakan salah satu masjid terpenting di dunia. Letaknya di pusat kota Makkah, Arab Saudi.

Masjid ini begitu familiar dengan masyarakat Indonesia. Sebab, tiap kali berhaji atau beribadah umrah, akan salat dan beribadah di masjid ini.

Begitu pula dengan tenaga kerja Indonesia yang berada di Arab Saudi. Sesekali waktu, mereka akan beribadah di Masjidil Haram.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imam Masjidil Haram Diberi Cek Kosong, Isi Sendiri

Imam Masjidil Haram tentulah ulama yang sudah terpilih. Saat ini, Kepala Imam Masjidil Haram adalah Syekh Abdul Rahman Al-Sudais.

Lantas berapa gaji imam Masjidil Haram?

Menguti rumah123.com, yang melansir dari lifeinsaudiarabia.net, pemerintah Arab Saudi menyatakan kegiatan beribadah tidak bisa diukur dengan uang. Karena itu, mereka menyediakan cek kosong yang akan diisi sendiri oleh para imam sesuai dengan kebutuhan pribadinya.

Yang bikin merinding, meski sudah diberi keleluasaan untuk mengisi cek kosong tersebut, pada saat yang sama, para imam Masjidil Haram juga biasanya menolak pemberian tersebut.

Pemerintah Arab Saudi memang tidak memberikan nominal tertentu sebagai gaji imam Masjidil Haram. Pemerintah memberikan cek kosong setiap bulan dan meminta para imam mengisinya sesuai kebutuhan.

Hanya saja, kebanyakan para imam masjid menolaknya. Melansir english.alarabiya.net, pemerintah tetap memberikan gaji untuk imam Masjidil Haram pengganti.

Mereka akan menerima uang sebesar 3.000 riyal Saudi atau US$800 per bulan, setara dengan Rp11 jutaan per bulan.

 

 

3 dari 3 halaman

Daftar Imam Masjidl Haram

Melansir berbagai sumber, saat ini tercatat ada sejumlah imam Masjidil Haram. Salah satunya adalah Syekh Dr Abdurrahman as-Sudais sebagai ketua.

Berikut daftar imam Masjidil Haram:

  1. Syekh Dr Abdurrahman as-Sudais
  2. Syekh Saud bin Ibrahim bin Muhammad Al-Syuraim
  3. Syekh Abdullah Awad Al-JuhanySyekh Maher Al Mueaqly
  4. Syekh Khaled Al-Ghamdi
  5. Syekh Dr Shalih bin Abdullah bin Hamid
  6. Syekh Dr Usamah Khayyath
  7. Syekh Dr Shalih Al ThalibSyekh Faisal Ghazawi
  8. Syekh Bandar bin Abdul Aziz Balilah
  9. Syekh Dr Yassir Bin Rasyid Al Dausary

Tim Rembulan-TG

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.