Sukses

Mengenal 4 Kitab Allah Lengkap dengan Bahasa dan Rasul Penerimanya

Umat Islam harus mengimani bahwa sebelum Al-Qur’an terdapat kitab-kitab Allah SWT yang lebih dahulu menjadi petunjuk bagi umat di masanya. Mengimani kitab-kitab Allah SWT termasuk implementasi dari Rukun Iman ketiga.

Liputan6.com, Bogor - Umat Islam harus mengimani bahwa sebelum Al-Qur’an terdapat kitab-kitab Allah SWT yang lebih dahulu menjadi petunjuk bagi umat di masanya. Mengimani kitab-kitab Allah SWT termasuk implementasi dari Rukun Iman ketiga.

Selain mengimani, umat Islam juga perlu mengetahui tentang kitab-kitab Allah SWT. Pengetahuan umat Islam terhadap kitab terdahulu dapat memperkuat keimanan kita.

Ada empat kitab Allah SWT yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Keempat kitab tersebut antara lain Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Qur’an. Kitab-kitab ini diterima oleh nabi dan rasul yang berbeda.

1. Kitab Taurat

Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa ‘alaihissalam (AS) di Bukit Sinai. Kitab yang berbahasa Ibrani ini menjadi pedoman sekaligus petunjuk bagi Bani Israil. Sebab, kala itu Nabi Musa diutus oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada bangsa Bani Israil.

Keterangan terkait kitab Taurat dapat kita ketahui dalam QS al-Isra ayat 2. 

وَاٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ وَجَعَلْنٰهُ هُدًى لِّبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَلَّا تَتَّخِذُوْا مِنْ دُوْنِيْ وَكِيْلًاۗ. 

Artinya: “Dan Kami berikan kepada Musa, Kitab (Taurat) dan Kami jadikannya petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman), ‘Janganlah kamu mengambil (pelindung) selain Aku’.”

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kitab Zabur

Nabi dan rasul yang menerima kitab Zabur adalah Nabi Dawud AS. Kitab Zabur menjadi pedoman bagi kaum Bani Israil yang isinya puji-pujian kepada Allah SWT atas segala nikmat ilahiyah.

Kitab Zabur diturunkan Allah SWT kepada Nabi Dawud AS pada abad 10 SM (sebelum masehi) di daerah Yerusalem. Bahasa yang digunakan dalam Zabur adalah Qibti.

Terkait kitab Zabur, Allah SWT berfirman dalam QS al-Isra ayat 55:

وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِمَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيّٖنَ عَلٰى بَعْضٍ وَّاٰتَيْنَا دَاوٗدَ زَبُوْرًا. 

Artinya: “Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang di langit dan di bumi. Dan sungguh, Kami telah memberikan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dawud.”

3 dari 4 halaman

3. Kitab Injil

Kitab Allah SWT berikutnya adalah Injil. Kitab ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Isa AS di daerah Yerusalem sekitar permulaan abad 1 M. Pada awal diturunkan, kitab Injil menggunakan bahasa Suryani.

Kitab Injil berisi tentang ajaran hidup dengan zuhud, menjauhi kerusakan dan ketamakan dunia. Kitab ini menjadi pedoman bagi kaum Bani Israil di masa Nabi Isa AS.

Kitab Injil yang diterima oleh Nabi Isa AS disebutkan dalam QS Maryam ayat 30.

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ

Artinya: “Dia (Isa) berkata, ‘Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi’.”

4 dari 4 halaman

4. Kitab Al-Qur’an

Kitab Allah SWT terakhir adalah kitab Al-Qur’an dengan bahasa yang digunakannya adalah Arab. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur. 

Al-Qur’an menjadi penyempurna dari kitab-kitab Allah SWT terdahulu. Al-Qur’an juga menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman.

Sebagai umat Islam kita mesti membaca Al-Qur’an. Kemudian mengkaji sekaligus mengambil pelajarannya.

Adapun isi ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an antara lain tentang aqidah, akhlak, ibadah, muamalah, hingga tarikh atau sejarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.