Sukses

Tata Cara dan Niat Sholat Qobliyah Subuh atau Sholat Fajar, Keutamaannya Mengalahkan Dunia dan Isinya

Sholat qobliyah subuh merupakan sholat sunah yang dikerjakan saat fajar tiba sebelum sholat subuh. Sholat qobliyah subuh dikenal juga dengan sholat fajar.

Liputan6.com, Bogor - Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh dengan mengerjakan ibadah kepada Allah baik yang wajib maupun sunah. Untuk menambah pahala, kita dapat melaksanakan sholat sunah qobliyah subuh.

Sholat qobliyah subuh merupakan sholat sunah yang dikerjakan saat fajar tiba sebelum sholat subuh. Sholat qobliyah subuh dikenal juga dengan sholat fajar.

Meski ibadah ini cukup berat bagi sebagian orang, tapi sholat qobliyah subuh memiliki banyak keutamaan bagi yang mengamalkannya. Keutamaan ini disebutkan dalam beberapa hadis Rasulullah SAW.

Pertama, melaksanakan sholat qobliyah subuh sebanyak dua rakaat lebih baik dari dunia dan isinya. Keutamaan ini diriwayatkan oleh Aisyah RA dari Rasulullah SAW dalam HR Muslim dan Tirmidzi.

Aisyah RA meriwayatkan dari Rasulullah SAW, Beliau bersabda, dua rakaat (sebelum) fajar (sholat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.”

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Mengutip NU Online, Imam Abu Hasan al-Mubarakfuri dalam Mir’ah al-Mafatih Syarah Misykat al-Mashabih menjelaskan bahwa maksud dari sholat fajar dalam hadis tersebut adalah sholat qobliyah subuh.

“Maksud dari perkataan ‘dua rakaat shalat fajar’ (dalam hadits) adalah shalat sunnah (qabliyah) fajar. Penyebutannya memang masyhur dengan nama ini.” (Abu al-Hasan al-Mubarakfuri, Mir’ah al-Mafatih Syarah Misykat al-Mashabih, juz 4, hal. 137). 

Kedua, orang yang melaksanakan sholat subuh termasuk golongan yang meneladani Rasulullah SAW. Sebab, sholat dua rakaat sebelum subuh merupakan ibadah yang rutin dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan 2 raka’at ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3 dari 4 halaman

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Pelaksanaan sholat qobliyah subuh tidak berbeda dengan sholat-sholat biasanya. Sholat ini diawali dengan niat. Adapun lafal niat sholat qobliyah subuh atau sholat fajar adalah sebagai berikut.

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى

Arab-latin: Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat sholat sunah sebelum Subuh dua raka’at karena Allah Taala.”

Niat sholat sebelum subuh juga dapat menggunakan lafal berikut.

اُصَلِّيْ سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى 

Arab-latin: Ushalli sunnatas shubhi rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah Subuh dua rakaat karena Allah SWT.”

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Sebagai panduan dalam melaksanakan sholat sunah sebelum subuh, berikut tata cara sholat qobliyah subuh atau sholat sunah fajar yang tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya.

1. Membaca niat sholat sunnah qabliyah subuh

2. Takbiratul ihram

3. Membaca surah al-Fatihah dilanjutkan salah satu surah dalam Al-Quran

4. Rukuk

5. Iktidal

6. Sujud pertama

7. Duduk di antara dua sujud

8. Sujud kedua rakaat pertama

9. Berdiri dan mengulang urutan di atas sejak membaca Surah al-Fatihah hingga sujud kedua

10. Duduk tasyahud

11. Mengucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri.

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.