Sukses

Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Niat dan Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW

Sholat hajat merupakan bagian dari ibadah sunah yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Sholat ini sebagai bentuk munajat seorang hamba kepada Rabb-nya.

Liputan6.com, Bogor - Setiap orang memiliki hajat yang berbeda-beda. Ada hajat yang berkaitan khusus dengan agama, ada juga hajat yang berkaitan duniawinya yang memberikan kemaslahatan.

Sebagai upaya untuk mewujudkan hajat tersebut umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sholat dua rakaat. Sholat ini dikenal dengan sholat hajat.

Syekh Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain menerangkan sebagai berikut.

Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat maslahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan shalat sebagai berikut,” demikian terjemahannya. 

Sholat hajat merupakan bagian dari ibadah sunah yang dapat dikerjakan oleh umat Islam. Sholat ini sebagai bentuk munajat seorang hamba kepada Rabb-nya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Sholat Hajat

Secara umum tata cara sholat hajat tidak jauh berbeda dari sholat yang lain. Sholat hajat diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. 

Adapun niat sholat hajat adalah sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 

Arab-latin: Ushallī sunnatal hājati rak‘ataini adā’an lillāhi ta‘ālā. 

Artinya: “Aku menyengaja sholat sunnah hajat dua rakaat tunai karena Allah SWT.”

Pada pelaksanaannya dianjurkan membaca surat al-Fatihah, ayat kursi, dan al-Ikhlas. Bisa juga surat al-Fatihah lalu surat pendek lainnya dalam Al-Qur’an.

3 dari 3 halaman

Doa Sholat Hajat

Setelah melaksanakan sholat hajat 2 rakat atau 12 rakaat, kita dianjurkan untuk membaca sholawat dan berdoa. Mengutip NU Online, berikut doa sholat hajat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Arab-latin: Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn. 

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. 

Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Wallahu'alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.