Sukses

Doa Awal Pekan Sebelum Berangkat Kerja untuk Hilangkan Rasa Malas Supaya Rezeki Berlimpah

Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan kepada Allah dengan doa hilangkan rasa malas

Liputan6.com, Purwokerto - Awal pekan normalnya akan dimulai dengan penuh semangat bagi para pekerja, setelah menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Namun, tak dipungkiri, seringkali ada rasa malas lantaran harus kembali berhadapan dengan rutinitas yang menyita tenaga dan pikiran.

Dalam kondisi ini, rasa malas akan menimbulkan rasa lelah, lesu dan kehilangan semangat bekerja. Sementara, pekerjaan yang harus diselesaikan sudah menumpuk.

Ada baiknya yang mengalami gangguan rasa malas ini berdoa. Rasulullah SAW mengajarkan untuk senantiasa memanjatkan doa, salah satunya untuk menghilangkan rasa malas.

Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah memohon perlindungan kepada Allah dengan doa hilangkan rasa malas:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepadaMu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.

Harapannya, selain mengembalikan semangat, pekerjaan juga akan lancar dan kita senantiasa dilindungi Allah SWT.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Agar Rezeki Berkah

Sebelum keluar dari rumah untuk bekerja, sebaiknya juga membaca doa berangkat kerja sehingga mendapat rahmat Allah dan rezeki yang diperoleh berkah.

بِسْمِ اللَّهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِينِي، اللَّهُمَّ رَضِّنِي بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا قُدِّرَ لِي حَتَّى لا أُحِبَّ تَعْجِيلَ مَا أَخَّرْتَ، وَلا تَأْخِيرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi ‘ala nafsi wa mali wa dini, Allahumma Raddhini bi Qada’ika, Wabarik li fima quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta wa la ta’khira ma ‘ajjalta

Dengan menyebut nama Allah, atas diriku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ridha (menerima atas ketetapan-Mu serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa-gesa meminta sesuatu Engkau tunda, atau menunda-nunda sesuatu yang Engkau hendak segerakan.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.