Sukses

Sosok Joko Tingkir Bukan Main-Main, Murid Sunan Kalijaga Sekaligus Cucu Rasulullah SAW

Joko Tingkir atau Jaka Tingkir memiliki nama asli Mas Karebet. Ia adalah putra dari Ki Ageng Pengging atau Ki Kebo Kenanga dan cucu Adipati Andayaningrat.

Liputan6.com, Jakarta - Lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ belakangan populer setelah dinyanyikan oleh sejumlah penyanyi. Namun, lagu yang diciptakan oleh Pratama (beberapa lainnya Ferdi Aziz) itu justru menuai kontroversi publik.

Isi lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’ dianggap melecehkan sosok Joko Tingkir. Kini Pratama telah meminta maaf, khususnya kepada masyarakat Lamongan yang secara historis memiliki kedekatan khusus dengan Joko Tingkir.

“Di video kali ini dan dan kesempatan kali ini, izinkan saya untuk meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Lamongan, dan para pihak yang tidak berkenan, karena saya menggunakan lirik menggunakan nama Joko Tingkir,” katanya dalam video yang diunggah akun YouTube Halu Tama 008.

Dalam video tersebut, Pratama menegaskan tidak ada niatan untuk melecehkan Joko Tingkir. Dia mengaku tidak mengetahui sosok Joko Tingkir sebenarnya yang dimasukkan ke dalam lirik lagu ‘Joko Tingkir Ngombe Dawet’.

“Karena kekurangtahuan saya, ketidakpahaman saya, di balik nama Joko Tingkir ini adalah sosok ulama besar, yang sangat dihormati di Jawa. Saya minta maaf. Tidak ada maksud sedikitpun untuk melecehkan nama beliau,” tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Murid Sunan Kalijaga

Jelas alasannya ketika ada pihak yang mengkritisi apabila nama Joko Tingkir dianggap sosok biasa. Berdasarkan sejarah, Joko Tingkir adalah ulama besar pada masanya.

Mengutip berbagai sumber, Joko Tingkir atau Jaka Tingkir memiliki nama asli Mas Karebet. Ia adalah putra dari Ki Ageng Pengging atau Ki Kebo Kenanga dan cucu Adipati Andayaningrat. 

Semasa hidup, Joko Tingkir mengabdikan dirinya di wilayah Demak. Kemudian ia menjadi raja di Kerajaan Pajang. Di masa kepemimpinannya, Joko Tingkir berhasil menguasai Jawa Timur.

Dilansir dari laman resmi PCNU Cilacap, Joko Tingkir adalah murid dari Sunan Kalijaga. Kewalian Joko Tingkir diakui oleh almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Lagu (syiir) Sigro Milir itu menceritakan kisah Raden Mas Karebet (Joko Tingkir) seorang wali itu. Kiai itu dan lagu ini kaitannya dengan Sultan Hadiwaja dari Pajang,” kata Gus Dur saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Gresik, Jawa Timur pada 2003 silam.

3 dari 3 halaman

Cucu Rasulullah SAW

Mengutip Wikipedia, jika ditarik garis silsilahnya, Joko Tingkir merupakan keturunan Rasulullah SAW dari Sayyidina Husein, putra Siti Fatimah Azzahra. Keturunan Rasulullah SAW kerap disebut juga cucu Rasulullah SAW.

Mengutip laman yang sama, berikut adalah silsilah Joko Tingkir dari Rasulullah SAW.

1. Nabi Muhammad SAW 

2. Sayyidah Fathimah Az-Zahra 

3. Al-Imam Sayyidina Hussain 4

4. Al-Imam ‘Ali Zainal ‘Abidin 

5. Al-Imam Muhammad Al Baqir 

6. Al-Imam Ja’far As-Sodiq 

7. Al-Imam Al-Imam Ali Uradhi .

8. Al-Imam Muhammad An-Naqib .

9. Al-Imam ‘Isa Naqib Ar-Rumi 

10. Al-Imam Ahmad al-Muhajir 

11. Al-Imam ‘Ubaidillah 

12. Al-Imam Alawi Awwal 

13. Al-Imam Muhammad Sohibus Saumi’ah 

14. Al-Imam Alawi Ats-Tsani 

15. Al-Imam Ali Kholi’ Qosim 

16. Al-Imam Muhammad Sohib Mirbath 

17. Al-Imam ‘Alawi Ammil Faqih 

18. Al-Imam Abdul Malik Azmatkhan 

19. Sayyid Abdullah Azmatkhan 

20. As-Sayyid Ahmad Shah Jalal 

21. As-Sayyid Asy-Syaikh Jumadil Kubro al-Husaini/ Syekh Jamaluddin Akbar al-Husaini 

22. Syarief Muhammad Kebungsuan/ Adipati Andayaningrat/ Ki Ageng Wuking 1

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.