Sukses

10 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Merayakan HUT RI, Seru dan Unik

Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pada tanggal tersebut seluruh elemen bangsa merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Liputan6.com, Semarang - Tanggal 17 Agustus setiap tahunnya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Pada tanggal tersebut seluruh elemen bangsa merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Tahun ini Indonesia genap berusia 77 tahun setelah memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Tema yang diusung tahun ini untuk memperingati HUT RI adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Masyarakat semangat untuk menyambut sekaligus merayakan HUT RI. Selain mengikuti upacara pada tanggal 17 Agustus, masyarakat juga kerap mengikuti perlombaan agustusan yang diadakan di tingkat RT atau RW.

Lomba agustusan sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya yang tidak bisa ditinggalkan. Kalau ditiadakan, seperti ada yang kurang dalam euforia merayakan HUT RI.

Mata lomba agustusan sangat khas. Sederhana, tapi sangat unik dan seru. Banyak mata lomba yang hanya ditemukan saat momen HUT RI saja. 

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari ide mata lomba agustusan, berikut Liputan6.com rekomendasikan mata lomba yang cocok dan khas untuk merayakan HUT RI.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Balap Bakiak

Balap bakiak bisa masuk ke daftar lomba agustusan tahun ini. Lomba ini sangat mudah dan sederhana. 

Bakiak yang dilombakan terbuat dari papan kayu dan ban bekas yang memuat sekitar tiga orang atau sesuai jumlah yang diinginkan. Pasangkan potongan ban ke dalam papan kayu tersebut agar kaki bisa menyangkut saat berjalan.

Lomba balap bakiak sistemnya beregu. Setiap regu bisa berjumlah tiga orang atau sesuai jumlah yang diinginkan. 

Setiap regu akan berlomba menuju finis. Regu yang pertama menuju finis adalah juaranya.

3 dari 7 halaman

2. Balap Karung Pakai Helm

Rekomendasi lomba berikutnya adalah balap karung pakai helm. Lomba ini adalah modifikasi dari lomba karung biasa. Ditambah dengan helm supaya ada pembeda dari lomba balap karung pada umumnya.

Bahan-bahan untuk mata lomba individu ini mudah. Cukup dengan karung bekas yang tidak bolong dan helm.

3. Balap Kelereng

Balap kelereng juga salah satu mata lomba yang identik dengan lomba agustusan. Anda cukup menyiapkan sendok dan kelereng.

Kelereng disimpan di atas sendok. Kemudian peserta lomba berjalan sambil menggigit ujung sendok menuju finis.

4 dari 7 halaman

4. Makan Kerupuk

Mendengar lomba makan kerupuk tentu saja sudah tidak asing dengan namanya. Sesuai dengan namanya, lomba ini memang memakan kerupuk. Namun makan kerupuknya tidak menggunakan tangan.

Kerupuk digantung di atas tali dan dimakan dengan mengandalkan mulut saja. Siapa yang cepat habis makan kerupuknya, dialah pemenangnya.

5. Voli Air

Sedikit berbeda dari biasanya, voli air bisa masuk ke dalam daftar mata lomba agustusan tahun ini. Sistem mata lomba ini adalah beregu.

Bahan yang perlu disiapkan adalah plastik tahu yang mudah pecah, air, dan sarung. Air yang telah dimasukkan ke dalam plastik tahu dilempar dengan sarung yang dibentangkan oleh dua orang.

Jika airnya pecah di daerah sendiri, maka tim lawan mendapatkan poin. Lomba bisa berakhir karena waktunya habis atau berdasarkan poin yang telah ditentukan. 

Misalnya, jika sudah mendapatkan minimal 1-0 dari lawan, maka tim tersebut dinyatakan pemenangnya.

5 dari 7 halaman

6. Masukkan Paku ke Dalam Botol

Lomba berikutnya untuk merayakan HUT RI adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Lomba ini bisa bersifat individu atau kelompok.

Lomba ini sangat mudah dan sederhana. Panitia perlu menyiapkan paku, tali, dan botol. Paku diberi tali lalu diikat di pinggang. Kemudian peserta lomba berlari dan memasukkan paku tersebut ke dalam botol.

7. Pecah Air 

Khusus lomba pecah air, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah air, plastik, kain untuk menutup mata, dan kayu untuk memukul air. 

Tata cara pelaksanaannya, mata peserta lomba ditutup oleh kain. Kemudian peserta berjalan untuk memukul air di dalam plastik. Selama perlombaan, peserta tidak boleh membuka penutup matanya.

6 dari 7 halaman

8. Sepak Bola Ibu-Ibu

Lomba sepak bola pada momen HUT RI tidak selalu diikuti oleh laki-laki. Perempuan, khususnya ibu-ibu juga bisa mengikuti lomba ini. 

Pertandingan akan berlangsung seru ketika ibu-ibu yang biasanya banyak di dapur bermain bola. Penonton pun bakal saling bersorak-sorai kegirangan menyaksikan lomba yang tak biasa ini.

9. Ambil Koin dalam Tepung

Masih belum cukup dengan lomba-lomba di atas? Anda bisa memasukkan lomba mengambil koin dalam tepung.

Untuk memudahkan menentukan sang juara, koin dapat berupa uang pecahan 100, 200, 500, dan 1.000. Uang koin tersebut dimasukkan ke dalam tepung.

Kemudian peserta lomba berbarengan mengambil koin dengan mulut. Peserta yang mendapatkan koin dengan nominal tertinggi, dialah juaranya.

7 dari 7 halaman

10. Panjat Pinang

Panjat pinang termasuk lomba tim yang sangat ditunggu-tunggu saat momen HUT RI. Makna perjuangan pahlawan melawan penjajah di lomba ini sangat terasa. 

Peserta harus berjuang memanjat pinang yang telah dilumuri oli. Sesama peserta dalam satu tim harus kompak dan saling membantu. 

Biasanya mereka saling menginjak pundaknya. Kemudian menugaskan satu orang untuk memanjat hingga puncak pinang. 

Panitia sudah menyiapkan berbagai hadiah yang menggiurkan di atas pinang. Jika berhasil memanjat pinang tersebut, mereka secara otomatis mendapatkan hadiah tersebut dan membaginya ke setiap anggota tim. 

Selain lomba-lomba di atas, lomba lain seperti tarik tambang, perang bantal, memecahkan balon, hingga joget balon juga dapat dimasukkan ke daftar lomba agustusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.