Mengenal 12 Nama Kuda Kesayangan Rasulullah SAW, Ath-Thirf Larinya Sekencang Kedipan Mata

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2022, 06:30 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 06:30 WIB
Gambar Ilustrasi orang naik kuda (istockphoto)
Perbesar
Gambar Ilustrasi orang naik kuda (istockphoto)

Liputan6.com, Cilacap - Rasulullah SAW diketahui memiliki kuda yang digunakan sebagai alat transportasi maupun untuk keperluan perang. Oleh karena itu sejarah mencatat bahwa Rasulullah SAW banyak memiliki kuda untuk keperluan tersebut. 

Perihal jumlah kuda yang dimiliki Rasulullah SAW terjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama. Ada yang mengatakan 7 ekor, adapula yang mengatakan 23 ekor.

Terlepas dari perbedaan jumlah kuda yang dimiliki Rasulullah SAW, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini nama-nama kuda Rasulullah SAW.

1. Ath-Thirf

Rasulullah SAW memiliki kuda yang bernama ath-Thirf. Nama ini diperuntukan untuk kuda beliau yang mampu berlari sangat cepat dengan kecepatan kedipan mata.

2. As-Sakbu

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga memiliki kuda yang digunakan untuk perlombaan. Namanya as-Sakbu (kuda yang berlari kencang bagaikan air yang mengalir).

Dulu kuda ini miliki seorang Badui dan bernama adh-Dharsu (kuda yang sulit dikendalikan dan berkelakuan jelek). Kemudian Nabi mengubah namanya menjadi as-Sakbu.

3. Al-Wardu

Kemudian Nabi Muhammad SAW juga memiliki beberapa kuda lainya yang diberi nama al-Wardu. Kuda dengan nama yang berarti mawar ini juga digunakan Nabi SAW dalam perang.

Kuda ini hadiah dari Tamim a-Dari. Dinamai Al-Ward karena campuran dari warna merah dan pirang. Lalu kuda ini diberikan kepada sahabatnya Umar bin Khattab 

4. Sabhatun

Rasulullah SAW juga memiliki kuda lainnya yang larinya begitu kencang yang bernama Sabhatun.

5. Al-Murtajaz atau Asyhab

Nama tersebut diberikan karena kudanya warna putih dan baik sifatnya. Nabi SAW membelinya dari seorang Arab dari Bani Marra.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Kuda Rasulullah 6-12

6. Al-Lahif  

Dinamai demikian karena ekor panjangnya yang sampai menutupi tanah. Kuda ini menyerupai gunung dan merupakan hadiah dari Farwa Bin Amr Al-Jadhami dan ada yang menyebut pemberian dari Abu Al-Baraa 

7. Lizaz 

Kuda ini hadiah dari pemilik suci Alexandria, yaitu Al-Muqauqis yang merupakan penguasa Koptik Mesir.

8. Al-Dzarib 

Kuda ini adalah hadiah dari Farwa bin Amr Al-Jadhami, dan dinamai itu di antaranya karena kekokohan dan kekuatannya yang besar, dan Nabi menggunakannya dalam perang 

9. As-Sakaf 

Dinamakan As-Sakaf karena tubuhnya yang gemuk, kuat dan kukunya yang keras. Ini kuda pertama yang dimiliki Rasulullah SAW, yang dibeli dari seorang badui dari Bani Fazarah. Nabi SAW menunggang kuda ini dalam Perangan Uhud.

10. Subbah 

Nabi SAW memberi nama ini karena warnanya yang pirang dan kuda ini dibeli Nabi dari seorang Arab dari Bani Juhaina dengan sepuluh unta. Kuda ini pernah diikutsertakan dalam pertandingan lalu keluar sebagai pemenang yang membuat Nabi SAW sangat senang.

11. Al-Mallawah  

Meskipun Nabi SAW memiliki kuda-kuda yang gagah perkasa namun ada kuda miliknya yang tampak lesu, haus dan tidak gemuk, sehingga diberi nama Al-Mallawah.

12. Al-Bahr 

Sebelumnya kuda ini dibeli sendiri oleh Rasulullah SAW dari pedagang asal Yaman.

(Khazim Mahrur)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya