Badan Wakaf Mathla'ul Anwar Resmi Diluncurkan

Oleh Liputan6.com pada 10 Agu 2022, 15:12 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 15:15 WIB
wakaf
Perbesar
Badan wakaf Mathla'ul Anwar resmi diluncurkan.(Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Perguruan Mathla'ul Anwar Pusat Menes melaksanakan soft launching Badan Wakaf Mathla'ul Anwar (BWMA) pada Selasa, 11 Muharam 1444 H/9 Agustus 2022 bertempat di Alun - alun Menes, Pandeglang, Banten.

Soft launching BWMA berbarengan dengan kegiatan Gebyar Milad Mathla'ul Anwar ke 109 Tahun Hijriyah. Launching ditandai dengan tebar 1.000 Al - Qur'an dan pembacaan Al -Qur'an oleh 1.000 pelajar Mathla'ul Anwar.

Dengan berdirinya BWMA, Ketua Umum PBMA KH Embay Mulya Syarief mengajak kepada seluruh masyarakat agar terlibat dalam gerakan mensejahterakan umat. "Melalui BWMA kita turut berpartisipasi menyejahterakan umat sekaligus wujud kepekaan sosial kita," katanya kepada wartawan, Rabu (10/8/2022).

"Jadi selain kesalihan individu, ada salih sosial yang bisa kita gapai. Sehingga kita dapat menggapai dua kesalihan tersebut," imbuh Embay.

Sementara Direktur Badan Wakaf Mathla'ul Anwar Ade Abdurachman mengatakan, kehadiran BWMA adalah untuk memantapkan Mathla'ul Anwar sebagai organisasi yang mandiri dan menyejahterakan umat.

"Perjuangan Mathla'ul Anwar di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial harus didukung oleh lembaga filantropi yang produktif," katanya.

Lembaga filantropi yang produktif itu untuk mengelola aset -aset yang selama ini diamanahkan pada Mathla'ul Anwar. Ade Abdurachman menyebutkan bahwa BWMA memiliki empat program prioritas. Yaitu Dana Abadi Pendidikan, Wakaf Tebar Al-Qur'an dan Juz Amma, Wakaf Bangun Madrasah, dan Wakaf Produktif.

Soft lauching ini bertujuan untuk mengenalkan eksistensi BWMA secara internal di lingkungan Mathla'ul Anwar maupun secara eksternal di masyarakatumum.

BWMA ini memberikan harapan di perjalanan abad kedua Mathla'ul Anwar untuk memberikan terobosan, optimalisasi aset, memperluas aset, serta memiliki dana abadi pendidikan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siap Bersinergi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah siap bekerja sama membangun pendidikan bersama lembaga Mathla'ul Anwar. Hal ini sebagai wujud dari amanah konstitusi yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Adapun ini disampaikan Ma'ruf Amin saat menutup Muktamar XX Peringatan 105 Mathla'ul Anwar dalam siaran daring, Sabtu (3/4/2021).

"Pemerintah siap untuk bersinergi membangun pendidikan bersama Mathla'ul Anwar," kata Ma'ruf Amin.

Dia berharap, agar Mathla'ul Anwar terus menjaga komitmen dan khittah-nya. Yaitu terus mengajarkan Islam yang wasathiyah, ramah, bukan Islam yang marah.

"Dakwah Islam harus kita jalankan dengan cara dan narasi yang sejuk, narasi kerukunan, bukan narasi konflik apalagi dengan cara kekerasan. Dakwah wasathiyah juga merupakan tradisi dakwah yang diajarkan oleh Pendiri Mathla'ul Anwar KH Mas Abdurrahman," kata Ma'ruf Amin.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya