Sukses

29 Bus Shalawat Masih Beroperasi Layani Jemaah ke Masjidil Haram

Kepala Seksi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana mengatakan, wilayah Mahbas Jin-Bab Ali masih ada 1.595 jemaah sampai 30 Juli sehingga disediakan dua bus shalawat.

Liputan6.com, Jakarta - Bus shalawat masih beroperasi melayani jemaah ke Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi hingga 4 Agustus 2022. Ada 29 bus yang masih beroperasi melakukan pelayanan di Makkah hingga saat ini.

Kepala Seksi Transportasi Daker Makkah Asep Subhana mengatakan, wilayah Mahbas Jin-Bab Ali masih ada 1.595 jemaah sampai 30 Juli 2022, sehingga disediakan dua bus shalawat. Rute Syisyah-Syieb Amir masih ada 2.121 jemaah dan masih ada enam bus shalawat.

Rute Raudhah-Syieb Amir masih ada 1.926 jemaah dan masih disediakan enam bus. Kemudian rute 4 Jarwal-Syieb Amir masih ada 3.850 jemaah dan disediakan sembilan bus shalawat. Rute Misfalah-Jiad masih ada 1.893 jemaah sehingga masih disisakan enam bus shalawat.

"Total yang beroperasi sampai dengan kemarin 29 bus shalawat dan kita pantau dari Daker Makkah ini alhamdulillah tidak ada kendala," kata Asep di Daker Makkah, Minggu (31/7/2022).

Dia mengatakan, sudah tidak banyak lagi jemaah yang berduyun-duyun menggunakan bus shalawat ke Masjidil Haram. Apalagi, jemaah haji gelombang 1 sudah pulang ke Indonesia dan jemaah gelombang 2 terus bergeser ke Madinah.

"Hari ini karena ada pendorongan juga ke Madinah, otomatis nanti beberapa wilayah juga akan kita kurangi busnya. Tapi nanti, sampai dia akhir besoknya baru ada pengurangan-pengurangan," terang Asep.

Asep meminta jemaah haji tidak khawatir dengan pengurangan bus shalawat ini. Sebab, bus shalawat akan beroperasi hingga 4 Agustus sampai jemaah seluruhnya meninggalkan Makkah.

"Sepanjang masih ada satu kloter, kita siapkan enam bus seperti awal kedatangan," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Merasa Puas dengan Pelayanan Bus Shalawat

Asep mengatakan, jemaah rata-rata merasa terlayani dengan baik. Merasa puas dengan pelayanan bus shawalat.

Dia menambahkan, pada hari Minggu hari ini, ada tujuh kloter di Makkah yang digeser ke Madinah dengan jumlah 2.816 jemaah menggunakan 64 bus. Di sektor 5 ada satu kloter, sektor 3 ada dua kloter, sektor 2 ada dua kloter, sektor 4 ada dua kloter.

"Mulai tadi pagi dan terakhir sampai pukul 17.00 WAS atau paling lambat 18.00," tandas Asep.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.