Sukses

Menag Yaqut Temui Menteri Saudi, Bahas Persiapan Haji Indonesia 2023

Menteri Agama atau Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Rabiah pada Senin 11 Juli 2022 di Mina.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama atau Menag Yaqut Cholil Qoumas bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Rabiah pada Senin 11 Juli 2022 di Mina. Dia mengapresiasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2022.

"Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama dan pelayanan jemaah haji Indonesia oleh pemerintah Saudi," kata Menag Yaqut, Senin 11 Juli 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Gus Men, panggilan akrabnya dan Menteri Tawfiq mendiskusikan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 Masehi. Keduanya bersepakat untuk terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia.

"Kami sepakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan dari apa yang kurang dan terus meningkatkan pelayanan yang sudah baik," ucap Menag Yaqut.

"Semoga ikhtiar ini menjadi ladang amal saleh dan semakin membuat jemaah konsentrasi beribadah," sambung dia.

Yaqut juga menginformasikan bahwa Kerajaaan Arab Saudi akan mulai membuka layanan untuk jemaah umrah pada 15 Zulhijjah 1443 H.

Hadir mendampingi Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Naib Amirul Hajj Muhammad Hilal Al Aidid, Sekretaris Amirul Hajj Ali Bahar, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Sebelumnya, sebagian jemaah haji melakukan tahallul atau potong rambut bagi mereka yang telah melempar jumrah di Jamarat, Mina. Di antara mereka yang bercukur rambut adalah petugas haji Indonesia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun mencukur rambut petugas haji 2022 yang telah melakukan lempar jumrah aqobah. Salah seorang petugas yang dicukur adalah Mashuri Masyhuda.

"Ini wujud dari syukur, ini saya kira kawan-kawan ini sudah memberikan semua dedikasinya kepada seluruh jemaah haji Indonesia," kata Menag Yaqut Sabtu 9 Juli 2022, malam.

"Kegembiraan itu melayani dengan gembira, gembira diwujudkan dengan potong rambut ini," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lakukan Tahallul

Tahallul ini banyak dilakukan petugas haji usai menyelesaikan lempar jumrah aqabah atau tawaf ifadah. Mereka memilih menggunduli rambutnya lebih awal.

"Walaupun tahallulnya telat tapi karena masih bertugas. Saya mengapresiasi dalam memberikan pelayanan dedikasinya kepada jamaah. Mudah-mudahan Allah SWT yang akan membalas semuanya," tandas Yaqut.

Tahallul bermakna mengahalalkan atau penghalalan. Dalam ibadah haji, tahallul berarti menghalalkan hal-hal yang diharamkan saat berhaji.

Artinya, segala sesuatu yang diharamkan saat berhaji, sudah diperbolehkan saat jemaah haji telah melaksanakan tahallul.

Menurut HA Tabrani Rusyan dalam bukunya, Displin Berhaji Menuju Haji Mabrur, tahallul ada dua tahap. Tahap pertama (awal) mengahalalkan sebagian dari muharramat, sedangkan tahallul kedua (tsani) mengahalalkan sebagian muhammarat lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Bebas Larangan Tahallul

Tahallul awal, kata Tabrani, jemaah telah bebas dari larangan-larangan selama berihram, kecuali berhubungan suami istri. Larangan itu baru boleh dilakukan setelah tahallul tsani (tahallul kedua atau terakhir). Tahallul awal diperbolehkan setelah amalan-amalan berikut dilaksanakan oleh jemaah:

1. Melontar jumratul 'Aqabah pada tanggal 10 dzulhijjah

2. Menyembelih dam bagi yang melaksanakan tamattu atau qiran

3. Bercukur atau memendekkan rambut, sedikitnya 3 helai rambut

4. Tawaf kemudian diiringi sa'i sesudah tawaf qudum belum sa'i

Jika telah mengerjakan dua dari tiga pekerjaan itu, maka halal mengerjakan sebagian muharramat yaitu sebagai berikut :

1. Memakai pakaian berjahit (bagi laki-laki)

2. Menutup kepala (bagi laki-laki)

3. Menutup muka dan telapak tangan (bagi perempuan)

4. Memotong kuku dan rambut (jika ia belum memotongnya)

5. Memakai harum-haruman,memakai sepatu dan memakai minyak rambut.

6. Berburu dan membunuh binatang liar

 

4 dari 4 halaman

Tahallul Tsani

Tahallul tsani yaitu mengerjakan satu dari tiga perkara yang belum dikerjakan pada tahallul pertama. Jika tahallul kedua telah dilaksanakan, maka halal semua muharramat haji.

Sesudah itu, ia wajib melanjutkan beberapa amalan haji yang belum dikerjakan, seperti tawaf ifadah, melontar tiga jumrah, dan tawaf wada'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini