Sukses

Persiapan Jelang Ibadah Haji di Mina, Toilet Ditambah

Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad berkunjung ke Mina untuk mengecek persiapan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta -  Dubes RI untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad berkunjung ke Mina untuk mengecek persiapan ibadah haji. Dia mengatakan, fasilitas ibadah jelang haji 2022 sudah bagus.

"Di Mina relatif tidak ada fasilitas bongkar pasang, hanya ada penambahan-penambahan saya kira sudah bagus. Misal jumlah WC dan kamar mandi bertambah," kata Abdul Aziz saat menyambangi Mina bersama tim MCH, Sabtu 25 Juni 2022.

Dia menerangkan, WC bertambah karena WC lama dipersempit sehingga jumlah WC baru lebih banyak. Diharapkan di Mina tidak terlalu banyak masalah karena tendanya tenda lama, tinggal nanti penambahan.

Namun demikian, lanjut Abdul Aziz, perlu ada pengecekan tenda dan AC di Mina, sekurang-kurangnya pada H-1 jelang puncak ibadah haji. Untuk memastikan fasilitas untuk jemaah haji berjalan baik dan lancar.

"Saya lihat ada fasilitas AC instalasi lama tapi mesin AC baru. Saya kira itu baik, mudah mudah lancar. Prinsipnya kalau 100.051 itu mungkin bisa ditangani dibanding 250 ribu, fasilitas yang tersedia lebih dari cukup saya kira," kata Abdul Aziz.

Dia menambahkan, nantinya di setiap jalan akan ada kipas angin yang ada airnya. "Mudah mudahan itu akan tersedia pada saatnya, kita lihat saja nanti mungkin H-3. Tapi secara umum ini relatif sudah siap," tandas Abdul Aziz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kesehatan

Abdul Aziz meminta kepada jemaah untuk menjaga kesehatan dan mematuhi imbauan pemerintahan Indonesia dan Arab Saudi karena cuaca sedang panas.

"Itu cuaca seperti ekstrem ini memerlukan adaptasi yang luar bisa dari jemaah kita, terutama yang sepuh di atas 60 tahun. Yang 50 tahun tapi komorbid juga hati hati terutama yang punya diabates, itu sudah harus siap obat, bawa sendiri," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.