Jemaah Calon Haji Indonesia yang Meninggal Bertambah Jadi 14 Orang

Oleh Mevi Linawati pada 26 Jun 2022, 07:40 WIB
Diperbarui 26 Jun 2022, 07:40 WIB
Jemaah calon haji di Makkah (Foto: dokumentasi MCH)
Perbesar
Jemaah calon haji di Makkah (Foto: dokumentasi MCH)

Liputan6.com, Jakarta Jemaah calon haji dari Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi bertambah. Ada 14 jemaah calon haji 2022 yang dilaporkan wafat hingga Sabtu 25 Juni 2022.

Dari 14 jemaah yang wafat, enam di antaranya mengembuskan napas terakhir di Makkah. Demikian berdasarkan data yang diterima dari Daerah Kerja Makkah, Minggu (26/6/2022).

Jemaah yang meninggal adalah Yuli Nurani Hidayah. Jemaah haji reguler asal Kebumen, Jawa Tengah dari kloter SOC-27 ini meninggal karena cardiovascular diseases.

Samiran Mudjiono Kartoredjo, jemaah reguler asal Nganjuk, Jawa Timur dari Kloter SUB-10 meninggal karena cardiovascular diseases.

Fadlillah Muhaki Al Hapisa warga Probolinggo, Jawa Timur dari kloter SUB-22. Penyebab kematian jemaah reguler ini adalah cardiovascular diseases.

Alfin Hartini Soengeb, warga Tulung Agung, Jawa Timur dari kloter SUB-9. Penyebab meninggal jemaah reguler ini adalah respiratory diseases. Subagi Darsono Daud, jemaah reguler asal Pati, Jawa Tengah dari kloter SOC-2. Penyebab kematian adalah cardiovascular diseases.

Lalu Suharno Bin HM Sudjin berusia 63 tahun. Jemaah kloter JKG 10 asal Jakarta Utara tersebut meninggal di RS An Noor pada Rabu 21 Juni 2022.

"Jemaah haji yang wafat itu sebagian besar karena penyakit jantung, semoga ke depan jamaah haji sehat-sehat selalu," ujar Kepala Daker Mekkah Mukhammad Khanif, Makkah, Sabtu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Data Sebelumnya

Sebelumnya, jemaah haji khusus Rochma Erviana Prastyawati (62) dilaporkan meninggal dunia pada 21 Juni 2022. Berdasarkan laporan Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH Arab Saudi 1443 Mujib Roni, Rochma mengalami serangan jantung. Almarhumah mengalami sesak napas saat berada di dalam bus dalam rencana mau melakukan city tour Madinah sekitar pukul 07.40 Waktu Arab Saudi.

Pertolongan pun diberikan dengan memberi bantuan oksigen dan resusitasi. Namun ketika diperiksa lebih lanjut, oleh tim ambulance emergency yang datang, jemaah telah meninggal.

"Setelah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait (Kepala Daker Madinah, Konsul Haji, dan KKHI) sampai keluar CoD (Certificate of Death) dan kemudian oleh KKHI dibuatkan surat pengantar untuk proses penguburan jenazah," kata Roni.

 


Dibawa ke RS

Jenazah almarhumah pada pukul 11.30 dibawa ke RSAS dibantu oleh Tim Dokter KKHI untuk dilakukan proses pemakaman. Pukul 12.00 WAS jenazah jemaah tersebut dimakamkan di Pemakaman Uhud Kota Madinah.

Jemaah lainnya yang meninggal yaitu Sugiansyah Basuni M Yamin dari Kloter BDJ-3, Purnomo Sokariyo Sastro dari Kloter SOC-15, Hasbullah Burlian Myim dari Kloter JKS-16, Muslim Abdul Wahab dari BTJ-1, Bawuk Karso Samirun dari Kloter SUB-4, Bangun Lubis Wahid dari Kloter PDG-4, dan Suhati Rahmat Ali dari Kloter JKG-1.

Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022
Perbesar
Infografis Syarat Jemaah Berangkat Haji 2022 (Liputan6.com/Trie Yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya