Sukses

50 Persen Lebih Jemaah Calon Haji Indonesia Tiba di Makkah

Jemaah calon haji terus berdatangan ke Makkah. Sudah lebih dari 50 persen jemaah sudah tiba di Makkah untuk melaksanakan ibadah.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah calon haji terus berdatangan ke Makkah. Sudah lebih dari 50 persen jemaah sudah tiba di Makkah untuk melaksanakan ibadah.

"Sampai dengan saat ini, jemaah haji yang tiba di Makkah sudah sebanyak 140 kloter. Dengan jumlah jamaah 55.045. Jadi sudah lebih dari 50 persen," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Mukhammad Khanif, Sabtu (25/6/2022).

Khanif mengimbau jemaah calon haji untuk selalu menggunakan alat pelindung diri dari paparan sinar matahari. Jemaah juga diminta untuk selalu minum air. Sebab, suhu rata-rata di Makkah di atas 40 derajat Celsius.

"Suhu udara di Kota Makkah rata-rata di atas 40 derajat Celsius, sehingga kita imbau kepada jemaah haji agar selalu menggunakan pelindung dari paparan langsung sinar matahari, seperti payung dan sebagainya," kata Khanif di Kantor Daker Makkah, Rabu 22 Juni 2022.

"Dan yang penting jemaah selalu bawa botol minum dan minum sebelum haus untuk menghindari dehidrasi," imbuh dia. 

Khanif juga mengingatkan jemaah agar tidak lupa memasukkan alas kaki ke kantong bila hendak pergi beribadah ke Masjidil Haram. Hal ini untuk mencegah lupa menaruh sandal.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bunga Mawar dan Harum Bukhur Sambut Jemaah Tiba di Makkah

Jemaah calon haji yang tergabung dalam kloter 8-UPG Makassar kembali tiba di Makkah pada Jumat 25 Juni 2022, sore. 

Setangkai bunga mawar, seteguk air zam zam, hingga harumnya bukhur menyambut kedatangan mereka.

Wajah lelah dan bahagia terpancar dari jemaah begitu turun dari bus yang membawa mereka dari Jeddah. Satu per satu jemaah lalu masuk ke dalam hotel yang telah disediakan untuk tinggal di Makkah. 

Petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pun sigap membantu. Tas jinjing bawaan yang berat langsung dibawa.

Dari sekian ratus jemaah calon haji yang masuk hotel, terlihat beberapa jemaah yang mengambil tanah di depan hotel. Ada pula jemaah yang melakukan sujud syukur dan berdoa.

Seorang jemaah bernama Muhammad Ali mengatakan, dia mengambil tanah pasir di depan hotel begitu turun dari bus untuk harapan keselamatan. Ali gembira bisa kembali ke Tanah Suci.

"Saya umrah 2017, bisa balik tanah suci berhaji alhamdulillah," kata dia.

Pegawai hotel dan petugas PPIH terus mengawal kedatangan mereka. Jemaah diimbau untuk tidak terburu-buru menaiki anak tangga menuju hotel.

Begitu sampai di anak tangga paling atas, setangkai bunga mawar langsung diberikan, kemudian air zamzam dan kurma.

Rombongan jemaah kemudian dikumpulkan di lobi hotel sebentar dan kemudian naik lift untuk masuk ke dalam kamar yang telah disediakan.

3 dari 4 halaman

Jemaah Calon Haji, Perhatikan Tips Menyeberang di Mahbas Jin

Jemaah calon haji yang menggunakan bus shalawat rute Mahbas Jin - Bab Ali terpaksa harus menyeberang dua jalan besar terlebih dahulu sebelum naik bus. Hal ini dinilai membahayakan jamaah karena lalu lintasnya sangat padat.

Petugas Haji Indonesia Divisi Transportasi Sektor 1 Mahbas Jin Mashuri Masyuda memberikan tips aman dan imbauan keselamatan untuk penyeberangan jemaah haji Indonesia di sektor 1 Mahbas Jin.

Tips:

1. Fokus Menyeberang

- Jamaah agar fokus pandangan ke arah datangnya kendaraan kiri atau kanan jalan

- Jamaah agar melihat juga arah tujuan akan menyeberang

Hindari hal-hal berikut ini :

- Menyeberang sendiri sambil berlari tanpa melihat arah kendaraan datang

- Membuka HP, balas atau baca WA, menerima panggilan telepon, mengambil video atau foto sambil menyeberang

- Berhenti berbicara dengan jamaah lain saat menyeberang, fokus ke jalan dan kendaraan

- Jangan makan dan minum sambil berjalan menyeberang, mengganggu konsentrasi dan tidak dibenarkan Rasulullah SAW.

- Hindari merasa larinya kencang dan menyeberang sambil berlari.

2. Ikuti Arahan Petunjuk Petugas Transportasi

- Petugas akan membantu jemaah menyeberang jika menyeberangnya di pos pantau petugas

- Petugas akan mengumpulkan jamaah sebelum menyebrang sambil mengamati situasi kendaraan di jalan

- Petugas akan menghentikan kendaraan sebelum memberi instruksi menyeberang dengan aman

- Setelah aman petugas akan mempersilakan jemaah menyeberang jalan

4 dari 4 halaman

Catatan Penting

"Catatan penting. Tidak semua sopir / driver mobil menuruti tanda dari petugas untuk berhenti. Beberapa kendaraan tetap melaju kencang meski Petugas sudah berusaha menghentikan mereka," kata Masyuri.

Beberapa di antara sopir itu bisa jadi juga sedang tidak fokus dan tahu jika di titik tertentu ada konsentrasi jamaah yang akan menyeberang.

"Tips imbauan ini mohon disebarkan kepada seluruh jemaah melalui pendamping-pendamping jamaah agar kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan dan khususnya agar jemaah haji Indonesia bisa aman dan selamat sampai kembali ke Tanah Air berkumpul bersama keluarga tercinta," tandas Masyuri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.